Skip to main content

6 Cara Jitu Belajar Bahasa Jerman Untuk Pemula


Belajar Bahasa Jerman Untuk Pemula - Saat ini Jerman menjadi tempat paling favorit untuk melanjutkan studi. Kalau kalian berencana kuliah ke Jerman, kalian harus mulai mengenal bahasa jerman sekarang juga.

Tapi ternyata jerman juga menjadi tujuan utama wisata Eropa. Sehingga menguasai bahasa Jerman juga bisa menjadikan perjalanan lebih berkesan.

Nah bagi yang sedang belajar bahasa Jerman, perkembangan teknologi informasi ternyata bisa memudahkan pembelajaran lho. Karena ada banyak sumber yang akan membantu kita meningkatkan kemampuan bahasa Jerman.

Seperti pepatah “banyak jalan menuju ke Roma”, cara belajar bahasa Jerman untuk pemula juga sangat beragam. Kita bisa memanfaatkan Youtube, aplikasi, situs online, maupun software belajar bahasa Jerman.

6 Cara Belajar Bahasa Jerman Untuk Pemula

Walau begitu, tetap saja kita perlu langkah yang tepat agar bisa belajar bahasa Jerman dengan efektif. Nah sebagai panduan, berikut ini beberapa tips belajar bahasa Jerman untuk pemula.

1. Mulai dari pengucapan alfabet

Belajar bahasa apapun, harus dimulai dari pengucapan alfabet. Gimana mau menguasai kosakata kalau tidak tahu mengucapkan alfabet yang benar?

Untungnya ada banyak alfabet Jerman yang diucapkan sama dengan bahasa Indonesia, contohnya huruf A sampai I. Hanya saja ada sebuah kaidah yang membedakan, yaitu huruf vokal bahasa Jerman diucapkan lebih jelas.

Nah dari huruf J hingga Z barulah ada beberapa yang beda. Misalnya J dibaca “yot”, Q dibaca “ku”, R dibaca agak cedal, V diucapkan “fau”, dan beberapa huruf lain yang pengucapannya berbeda. Selain itu, kita mengenal 3 huruf umlaut (Ä, Ö, Ü) serta 1 huruf ß.

2. Kosakata sederhana

Setelah tahu pengucapan alfabet, kita bisa lanjut dengan mengenal kosakata sederhana beserta pengucapannya. Kita bisa mulai dengan mengenal nama-nama bagian tubuh, mengenal angka, atau pun ucapan salam dalam bahasa Jerman.

Dan ini tidak terlalu sulit. Karena ada beberapa yang sudah cukup familiar di telinga kita, seperti Willkommen (selamat datang), Danke (terima kasih), Herr (tuan/pak), Guten Morgen (selamat pagi), Guten Tag (selamat siang), ja (ya), nein (tidak) dll.

3. Kenali jenis kata

Untuk memperluas pemahaman, kalian bisa mulai mengenal jenis kata dalam bahasa Jerman, baik kata ganti orang, kata benda, kata kerja.

Kata ganti tidak berbeda dengan bahasa lainnya, yaitu kata ganti orang pertama (pembicara), kedua (yang diajak bicara), ketiga (yang dibicarakan), tunggal, dan jamak. Hanya saja ada kata ganti yang dibedakan bentuk formal/non formal serta dikenal kata ganti berjenis kelamin netral.

Sedangkan das verb atau kata kerja bahasa Jerman juga mengenal yang namanya konjugasi atau perubahan bentuk berdasar siapa pelaku (subjeknya) dan waktu kejadian (tenses).

Masih banyak jenis-jenis kata lain dalam bahasa Jerman. Tapi kita harus memulai dari yang paling mudah dulu.

4. Susunan kalimat sederhana

Setelah mengenal jenis kata, kita bisa mulai belajar membuat kalimat sederhana. Berita baiknya, susunan kalimat Jerman hampir sama dengan bahasa Indonesia, yaitu terdiri dari subjek, predikat, objek, dan kata keterangan.

Contoh:

  • mein Name ist Juergen Klopp (nama saya Juergen Klopp)
  • Ich bin Michael Schumacher (aku Michael Schumacher)
  • Ich komme aus Indonesien (saya dari Indonesia)
  • Ich wohne in Yogyakarta (saya tinggal di Yogyakarta)
  • Ich bin Lehrer (saya seorang guru)


5. Manfaatkan teknologi

Cara lain yang menyenangkan adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi. Ada banyak website online dan aplikasi smartphone yang menyediakan materi pelajaran bahasa Jerman, mulai yang dasar hingga lanjutan.

Beberapa situs yang recommended di antaranya DW.com, Goethe.de, Rocketlanguages.com, Slowgerman.com, dll. Asal dilakukan dengan rutin, tutorial yang tersedia di situs online bisa meningkatkan skill bahasa Jerman secara efektif.

Kita juga bisa bergabung dengan website yang mempertemukan sesama pencinta bahasa Jerman dari seluruh dunia, contohnya meetup.com dan couchsurfing.com.

6. Praktek

Belajar bahasa Jerman tidak akan memuaskan sampai kita bisa mengaplikasikan dalam percakapan. Karena itu, sangat penting menemukan orang yang bisa diajak percakapan bahasa Jerman secara langsung. Sayangnya, tidak banyak orang Indonesia yang bisa berbahasa Jerman.

Bagi yang tinggal di kota besar atau kota pelajar, mungkin bisa ikut komunitas belajar bahasa Jerman. Cara lainnya adalah belajar di tempat kursus. Kita tidak perlu repot-repot mencari partner belajar, buku, software, dan materi belajar, karena semuanya sudah ada di tempat kursus.

Belajar bahasa Jerman tidak selalu mudah, terlebih untuk pemula. Tapi dengan tekad kuat dan cara belajar yang tepat, kita akan menuai hasilnya. Nah semoga beberapa tips belajar bahasa Jerman untuk pemula tadi bermanfaat dan kalian segera mahir dalam waktu tidak terlalu lama. Tetap semangat belajar bahasa Jerman ya!
Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar