Skip to main content

4 Perbedaan IELTS dan TOEFL Ini Wajib Diketahui


Perbedaan IELTS dan TOEFL - Bagi mahasiswa atau calon pekerja yang akan memasuki negara dengan bahasa utama bahasa Inggris, umumnya akan diminta untuk menyertakan sertifikat kecakapan bahasa Inggris. Ada beberapa sertifikat kecakapan berbahasa Inggris yang diakui, yang paling populer adalah IELTS dan TOEFL.

Ada banyak lembaga bahasa asing yang dapat menyediakan bantuan untuk kursus persiapan IELTS di Jakarta dimana dengan tutor yang berpengalaman dapat membatu Anda agar mendapatkan skor yang maksimal.

Namun sebelum memilih tempat kursus ada baiknya ketahui kedua perbedaan IELTS dan TOEFL, karena keduanya tentu memiliki perbedaan. Perbedaan IELTS dan TOEFL misalnya pada teritorialnya, di mana IELTS lebih ke British sementara TOEFL adalah American. Namun, sebenarnya itu bergantung pada institusi yang mensyaratkan.

4 Perbedaan IELTS dan TOEFL

Ada beberapa perbedaan IELTS dan TOEFL yang bisa diamati secara fisik. Perbedaan tersebut misalnya meliputi penggunaan sertifikat, struktur soal, penilaian, dan lainnya. Nah, berikut ini adalah uraian lebih jelasnya.

1. Fungsi Sertifikat

IELTS lebih banyak digunakan untuk hal-hal yang bersifat general, seperti imigrasi dan melamar pekerjaan. Namun, sebenarnya bisa juga untuk memenuhi persyaratan masuk ke universitas. Sementara TOEFL lebih banyak digunakan untuk berkas persyaratan pendidikan.

Hingga kini, IELTS telah digunakan di 130 negara dengan jumlah institusi lebih dari 9000. Institusi bertaraf internasional di negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama juga menggunakan IELTS.

Sementara itu, TOEFL juga sudah populer digunakan di 130 negara di dunia dengan jumlah institusi lebih dari 8000. Kebanyakan institusi tersebut merupakan universitas. Di Amerika, TOEFL menjadi tes kecakapan berbahasa Inggris yang wajib bagi mahasiswa dari negara lain.

2. Skor dalam Sertifikat

Karena IELTS hanya terdiri dari satu jenis, maka penilaiannya lebih jelas, yaitu dalam rentang 1 hingha 9. Sementara itu, TOEFL memiliki beberapa jenis. Perbedaan IELTS dan TOEFL membuat TOEFL lebih sulit dibandingkan nilainya.

Untuk TOEFL iBT, rentang nilanya adalah 0 hingga 120. Untuk TOEFL CBT, rentang nilai yang digunakan adalah 216 hingga 677. Sementara itu, untuk jenis TOEFL PBT dinilai dalam rentang 310 hingga 677.

3. Struktur Soal dan Waktu Pengerjaan

Tidak ada perbedaan IELTS dan TOEFL yang mencolok pada struktur soal. Keduanya memiliki bagian listening, speaking, writing, dan reading. Namun, waktu pengerjaannya sedikit berbeda karena tipe soal yang ada juga berbeda.

Reading:
Pada soal TOEFL yang menggunakan tipe soal beragam, waktu pengerjaannya adalah selama 60 menit. Sementara pada IELTS yang berbentuk pilihan ganda dikerjakan selama 80 menit. Teks yang dimunculkan biasanya bertema akademis.

Listening:
Perbedaan IELTS dan TOEFL pada bagian ini cukup mencolok. Soal TOEFL yang berbentuk penyelesaian kalimat dan pencocokan pernyataan hanya dapat dikerjakan selama 30 menit saja. Sementara untuk soal IELTS yang berbentuk pilihan ganda dikerjakan selama 60 menit.

Pada soal listening TOEFL, dengaran yang digunakan adalah tuturan dari native speaker bahasa Inggris beraksen American atau US. Sementara pada IETLS, peserta dapat memilih aksen american, british, kanada, atau australia.

Speaking:
Pada bagian ini, TOEFL iBT adalah yang kompatibel. Tipe soal yang berbentuk percakapan dengan komputer harus dikerjakan selama 20 menit. Sementara untuk IELTS, soal speaking terbagi menjadi tiga bagian dengan pengerjaannya adalah bercakap dengan native speaker selama 15 menit.

- Writing:

Soal bagian menulis pada TOEFL berisi tantangan untuk memecahkan permasalahan dan menulis jawabannya sebagai respon selama 50 menit. Soal-soal tersebut memiliki topik tertentu. Kita harus menunjukkan gagasan yang baik. Jika ingin menambah esai, maka itu adalah opsional dengan tambahan waktu.

Sementara pada IELTS, peserta akan diminta untuk menulis esai. Esai yang dimaksud bisa merupakan surat untuk universitas atau pun imigrasi. Waktu yang dapat digunakan adalah selama 60 menit.

4. Biaya Mengikuti Tes

Perbedaan IELTS dan TOEFL juga ada pada perihal harga pendaftaran tes. Untuk mengikuti TOEFL, rata-rata peserta akan dikenakan biaya sekitar 500 ribu atau kurang. Sementara untuk mengikuti IELTS, peserta akan dikenai biaya 3 juta hingga 4 juta.

Tes yang menggunakan CAT atau berbasis komputer memiliki harga yang lebih mahal. Sebaliknya, tes yang menggunakan media soal di kertas akan lebih murah. Namun, hasil yang keluar akan lebih cepat apabila kita menggunakan tes CAT.

Itulah tadi beberapa perbedaan IELTS dan TOEFL. Tingkat kesulitas tes keduanya sebenarnya relatif sama, namun banyak yang menganggap bahwa IELTS membutuhkan konsentrasi dan persiapan yang lebih serius. Apalagi rentang nilai yang cukup rendah pada IELTS.
Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar