Skip to main content

Persiapkan Pendidikan Anak di Luar Negeri Dengan Layanan Transfer Valas


Sebuah kebanggaan tersendiri bagi tiap orang tua jika dapat menyekolahkan anaknya hingga ke universitas terbaik di luar negeri, salah satu alasan mereka mempercayakan anaknya untuk meneruskan kuliah ke luar negeri adalah agar anaknya mampu memiliki pengalaman hidup yang lebih beragam, berkembang, dan memiliki skill set yang kompetitif untuk bersaing secara global.

Pendidikan anak di luar negeri pun saat ini seakan telah menjadi kebutuhan pokok. Namun yang menjadi kendala utama adalah biaya kuliah di luar negeri yang pasti memang tidak murah sebab adanya perbedaan kurs mata uang antara Indonesia dengan beberapa negara lain.

Untuk itu, tidak sedikit dari orang tua rela melakukan beberapa usaha ekstra untuk dapat mengumpulkan biaya bagi pendidikan anaknya. Menurut temuan riset global HSBC “The Value of Education – Price of Success” di tahun 2018 tentang tren pendidikan, harapan, dan kekhawatiran orang tua menyekolahkan anaknya ke luar negeri, 64 persen dari responden menjawab alasan mereka adalah agar anaknya mampu berbahasa asing, 61 persen menjawab pengalaman internasional, 59 persen menjawab kemandirian, dan 55 persen menjawab agar kepercayaan diri si anak meningkat.

Dengan kata lain, kebanyakan dari orang tua yang menyekolahkan anaknya ke luar negeri tidak terlalu mengerti atau bahkan mungkin tidak peduli tentang pilihan universitas atau jurusan apakah yang anaknya pilih karena yang mereka harapkan adalah peningkatan pengalaman dan exposure anaknya terhadap hal-hal yang terjadi di luar sana.

Riset tersebut juga memaparkan bahwasanya 46 persen di antara respondennya mempertimbangkan Australia sebagai destinasi utama untuk meneruskan pendidikannya, 35 persen memilih Amerika Serikat, dan 32 persen mempertimbangkan Inggris.

Untuk itu, khususnya bagi orang tua, mempersiapkan perencanaan investasi pendidikan luar negeri sangat penting untuk dilakukan sedini mungkin. Dana untuk pendidikan luar negeri harus dipersiapkan dengan melakukan investasi dalam bentuk bermacam-macam.

Ada investasi dalam reksa dana berdenominasi Rupiah yang dapat dipilih karena ekspektasi tingkat return-nya lebih tinggi dibanding mata uang USD dan investor bisa mencapai tujuan lebih cepat, atau bisa juga reksa dana berdenominasi Dolar yang bisa dipilih dengan ekspektasi tingkat return yang sama tingginya. Selain itu, bisa juga menabung atau menyimpan uang dalam bentuk deposito atau tabungan Dolar walaupun return-nya tidak setinggi reksa dana Dolar dan lebih untuk kebutuhan jangka pendek.

Apapun pilihan investasi yang dipilih, pastikan untuk menggunakan provider perbankan yang dapat mengakomodasi transfer valuta asing (valas) yang mudah, cepat, dan praktis. Salah satu provider perbankan digital yang hadir untuk membantu transfer valas adalah digibank melalui fitur layanan digibank transfer valas sebagai inovasi Aplikasi digibank by DBS.

Kenyamanan untuk melakukan transaksi kirim valas kapan saja di mana saja adalah prioritas digibank by DBS yang berikan akses 24/7 tanpa harus ke cabang untuk mudahkan segala aktivitas transfer valas. Selain itu dengan gratis biaya transfer ke lebih dari 20 negara, siapapun bebas melakukan transfer valas ke mana saja jauh lebih ringan dan luas.

Apapun kebutuhannya, selalu gunakan digibank transfer valas yang memberikan nilai tukar valas yang kompetitif dengan FX Rate yang terkini dan juara, dan tak perlu khawatir proses transaksi terhambat karena transaksi akan berjalan dalam waktu singkat dan sampai di hari yang sama.
Caranya gampang, masuk ke Aplikasi digibank by DBS, pilih “Transfer” lalu klik “Transaksi Valas”, kemudian klik “Tambah Penerima” dan ikuti petunjuk selanjutnya. Pilih negara yang dituju, pilih mata uang, lalu pilih bank dan masukkan detail penerimanya. Masukkan nominal yang akan dikirim lalu klik “Lanjut” dan selesaikan transaksi mu.

Tunggu apa lagi? Segera manfaatkan fitur layanan digibank transfer valas secara optimal sebagai pilihan cermat bertransaksi valas untuk kebutuhan perencanaan pendidikan anak di masa depan. Transaksi valas ke siapa saja, kapan saja, dan di mana saja jadi lebih mudah, cepat, dan praktis!
Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar