Skip to main content

9 Ciri-Ciri Orang Jujur

Tahukah kamu bagaimana ciri seseorang jujur atau tidak? Apabila tidak tahu, kali ini iFabrix.com akan membahas mengenai ciri-ciri orang jujur. Simak terus sampai selesai.

Perilaku jujur sangat berkaitan erat dengan perasaan dan hati nurani karena berperilaku jujur sama saja dengan menghargai orang yang berinteraksi dengan kita sekaligus menghargai diri sendiri.

Kata jujur memiliki pengertian mengucap suatu kata-kata yang sesuai dengan kondisi sebenarnya tanpa dikurangi dan dilebih-lebihkan.

Dengan selalu menerapkan sikap dan perilaku jujur akan membuat pikiran dan hati kita merasa lebih bahagia. Selain itu, jujur juga dapat membantu menyehatkan kondisi mental.

Seorang peneliti bernama Dr. Arthur Markman mengatakan, ketika seseorang melakukan kebohongan, maka syaraf yang ada dalam tubuhnya melepaskan hormon stres atau kortisol ke dalam otaknya.

Oleh karena itu sifat yang cenderung dilakukan selanjutnya adalah mencari dan menyiapkan strategi untuk melindungi dirinya dengan cara membuat kebohongan lainnya.

Kebohongan-kebohongan yang terus dilakukan akan semakin banyak. Pada akhirnya, kondisi tersebut akan membuat seseorang merasa tertekan dan stres.

ciri-ciri orang jujur

Ciri-Ciri Orang Berkata Jujur

Untuk mengetahui seseorang berkata jujur kepada kita atau tidak, dapat melihat beberapa tanda-tanda di bawah ini.

1. Berani Bertatap Mata Saat Berbicara

Biasanya bila orang mengatakan suatu hal dengan kejujuran akan berani saling bertatap mata, artinya dia tidak akan memalingkan pandangannya ke arah lain.

2.Gaya Berbicaranya Wajar atau Natural

Orang yang mengatakan sesuatu sesuai dengan kenyataan akan dapat berbicara dengan lancar tanpa harus tersendat-sendat karena tidak perlu memikirkan kalimat apa yang akan dia ucapkan supaya masuk akal.

3. Memiliki Sikap Santai

Orang jujur akan lebih santai ketika mengutarakan hal-hal kepada lawan bicaranya karena yang disampaikan tersebut berdasarkan apa yang dialaminya.

4. Ekspresi Wajah Tidak Datar

Melihat ekspresi wajah lawan bicara adalah salah satu cara paling mudah dilakukan untuk mengetahui apa yang dia sampaikan jujur atau tidak. Orang yang berbohong bisanya akan berbicara dengan wajah tanpa ekspresi atau datar, bahkan terkadang terlihat seperti sedang bersedih.

Untuk orang yang berkata jujur bisanya akan sebaliknya, orang tersebut akan memiliki ekspresi wajah sesuai dengan topik pembicaraan, misalnya ketika menceritakan hal lucu, raut wajahnya juga bahagia dan bahkan tertawa.

5. Tidak Mengalihkan Pembicaraan atau Fokus Pada Satu Pembicaraan

Orang jujur cenderung lebih suka membicarakan suatu hal hingga selesai, tapi berbeda dengan orang yang berbohong. Orang yang sedang berbohong biasanya akan mengalihkan topik pembicaraan ke hal yang lebih kita sukai supaya lawan bicaranya tidak curiga.

6. Memperlihatkan Senyum Yang Tulus

Apabila seseorang sedang berbohong terkadang akan tiba-tiba tersenyum seperti dipaksakan atau menyeringai tanpa ada alasan yang jelas. Hal tersebut dilakukan untuk menutupi kebohongannya.

7. Tidak Banyak Bergerak dan Cenderung Tenang

Orang jujur akan duduk ataupun berdiri dengan tenang dan santai. Mereka tidak akan sering memindah titik tumpuan tubuhnya.

8. Bernafas Dengan Santai

Nafas orang yang berkata jujur akan lebih teratur dan tidak cepat, berbeda dengan orang berbohong. Orang yang sedang melakukan kebohongan menginginkan pembicaraan supaya cepat selesai sehingga cara berbicaranya akan terburu-buru. Hal itulah yang mengakibatkan terengah-engah.

9. Berani Mengakui Kesalahan

Dalam hidup kita tidak akan mungkin pernah lepas dari kesalahan, baik kesalahan besar maupun kecil. Namun ada berbeda tindakan antara orang jujur dan pembohong dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Orang jujur cenderung mengakui kesalahan yang dia lakukan dan akan bersedia bertanggung jawab atas segala konsekuensinya. Tetapi, orang pembohong akan memutarbalikkan fakta atau bahkan mencari kambing hitam untuk menutupi kesalahan tersebut.

Demikianlah ciri-ciri jujur yang dapat saya beritahukan kepada semua pembaca di sini. Terapkanlah selalu sikap jujur karena kejujuran akan membawa kebaikan.
Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar