Skip to main content

Cara Download Buku di Google Books Terbaru

Pada kesempatan kali ini iFabrix akan membahas cara download buku di Google Books secara gratis menggunakan software downloader. Sebelum memulai ke pembahasan inti mari kita ketahui lebih dulu tentang situs penyedia buku digital ini.

Menurut Wikipedia, Google Books adalah suatu mesin pencari buatan Google yang menyediakan layanan kepada pengguna dengan tujuan memudahkan untuk menemukan buku yang mereka cari. Dengan dibuatnya mesin pencari ini pengguna akan lebih mengetahui informasi seputar buku secara lengkap.

Biasanya pengguna akan mendapatkan informasi mengenai pengarang, tahun diterbitkan, jumlah halaman dari buku tersebut, dan cara untuk membeli. Selain itu, juga diberikan cuplikan dari isi buku supaya bisa mengetahui sebagian isi dari buku sebelum membelinya.

Menurut pendapat saya pribadi, Google Books sangat bagus dikarenakan mempunyai banyak sekali koleksi buku dengan kualitas terbaik dan tentunya tersedia dalam berbagai macam bahasa.

Akan tetapi, masalah sebenarnya baru akan muncul ketika kita ingin download Google Books. Ya, sebenarnya pihak Google tidak memberikan izin kepada pengguna untuk mengunduh buku di situs miliknya. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Ikuti langkah-langkah berikut.

Cara Mendownload Buku Di Google Books

Untuk mengunduh buku yang ada di Google Books Anda harus memiliki laptop atau PC yang terkoneksi dengan jaringan internet. Di sini kita akan memanfaatkan software Google Books downloader free.

Baca juga:

1. Tahap Instalasi Software

  • Silakan download terlebih dahulu aplikasi Google Books Downloader for Windows.
  • Setelah itu instal seperti software pada umumnya.
  • Jika sudah berhasil terinstal langsung saja jalankan software tersebut dengan cara klik kanan > Run As Administrator.

cara download buku di google books

2. Tahap Download Buku 

  • Cari buku yang ingin diunduh melalui halaman pencarian Google Books.
  • Jika buku sudah ditemukan, klik pada buku yang kamu inginkan.
  • Salin link pada address bar dengan cara CTRL+A  kemudian CTRL+C.
  • Silakan buka program yang sudah kita instal di awal tadi.
  • Paste link pada kolom Google Books URL, lalu klik Start.
  • Silakan tunggu sampai proses download selesai.
  • Sekarang Anda sudah bisa membaca buku yang diinginkan dengan format Google Book PDF .

 3. Cara Membaca Buku Hasil Download di Google Books

Untuk dapat membaca buku yang sebelumnya pernah di-download sebenarnya sangat mudah. Buku tadi akan memiliki format PDF di mana kita membutuhkan software untuk membaca file PDF, misalnya AdobeReader.

Lantas bagaimana kalau tidak memiliki software tersebut? Jika anda tidak mempunyai software tersebut jalan keluarnya selain menginstal AdobeReader, yaitu mengubah file PDF menjadi format lain yang perangkat komputer Anda bisa membukanya, misalnya diubah menjadi Word atau lainnya.


Nah, sekian pembahasan kali ini seputar cara download buku dari Google Books. Semoga Anda dapat memahami apa yang saya sampaikan dalam artikel ini. Apabila ada hal yang tidak dimengerti bisa menanyakan langsung kepada saya melalui formulir kontak.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar