Skip to main content

Keren! 7 Contoh Usaha Makanan Unik Dengan Modal Kecil Yang Kekinian

Peluang usaha dalam bidang kuliner telah berjalan sejak dulu hingga saat ini dan hebatnya tidak pernah mati. Ada saja ide para pedagang untuk mendapatkan peluang baru yang memberikan keuntungan lebih. Misalnya saja ide usaha makanan unik dan kreatif dengan modal kecil. Usaha tersebut tentu saja sukses membuat calon konsumen penasaran, terlebih jika dibalut dengan tema kekinian.

Ada banyak sekali orang yang menjalankan berbagai macam usaha makanan unik dan kreatif hingga pada akhirnya mereka mencapai kesuksesan. Contohnya saja seperti usaha es kepal Milo yang dulu pernah viral hingga mengundang banyak sekali orang untuk mencoba makanan tersebut.

 Akan tetapi, kita juga tidak boleh asal-asalan ketika ingin memilih peluang usaha karena kita harus melihat keinginan market terlebih dahulu. Jika membahas usaha makanan kreatif dan unik, berikut beberapa inovasi yang mungkin dapat anda jadikan referensi ketika ingin memulai membuka bisnis sendiri.

Peluang Usaha Makanan Paling Laris Saat Ini Yang Unik dan Kreatif Dengan Modal Kecil

Oh iya, ada yang perlu saya tegaskan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memilih jualan makanan di bawah. Anda perlu mempertimbangkan terlebih dahulu jumlah modal, lokasi, dan target konsumen yang akan membeli produk makanan Anda. Contohnya jika membuka usaha dekat dengan lingkungan sekolah, tentu tidak akan memungkinkan menjual makanan dengan harga tinggi karena mengingat calon konsumen adalah anak sekolah dengan uang sedikit.

1. Singkong Gaul

singkong gaul

Dari namanya saja sudah terlihat inovatif dan kekinian, 'kan? Singkong biasanya hanya diolah menjadi makanan bisa saja, seperti kerupuk atau hanya dikukus sehingga melihatnya saja terasa membosankan.

Tapi apa jadinya kalau diolah menyerupai stik kentang ditambah bumbu balado? Tentu saja hal ini akan menggugah selera. Nah, ini bisa Anda jadikan peluang usaha makanan ringan yang bisa dititipkan di warung sekitar rumah. Modalnya juga cukup kecil, dengan uang 100.000 saja sudah dapat memproduksi singkong gaul sangat banyak. Ini juga merupakan contoh usaha makanan ringan serba 2000.

2. Tahu Kribo

tahu kribo

Sekali lagi ini adalah nama makanan yang unik, terlebih lagi kalau melihat bentuknya. Anda bisa mencoba berdagang sebagai usaha jajanan rumahan yang kreatif. Bentuknya yang aneh dikarenakan perbedaan pada proses pengolahan dengan makanan tahu lainnya.

Cara membuatnya pertama dengan menghancurkan tahu mentah terlebih dahulu, lalu dicampur dengan berbagai macam tepung dan bahan-bahan lainnya barulah dimasukkan ke penggorengan. Sama halnya dengan contoh pertama tadi, tahu kribo bisa dibikin memakai dana 100.000 saja.

3. Belalang Goreng Kriuk

belalang goreng kriuk

Kalau ini sih gak cuma unik dan kreatif tapi juga sidikit aneh bagi sebagian orang. Walau agak ekstrem, tapi bukan berarti enggak ada yang doyan bahkan sudah menjadi kuliner khas Gunung Kidul, Yogyakarta. Banyak sekali orang yang penasaran dan akhirnya mencoba belalang goreng katanya enak banget kok.

Selain dapat dijadikan sebagai usaha modal kecil, ada kabar yang mengatakan bahwa mengkonsumsi belalang bisa menjaga kesehatan dari penyakit tertentu. Menurut beberapa sumber, omset dari berjualan belalang bisa mencapai 1 juta per hari.

4. Black Burger

black burger

Kalau umumnya burger warnanya coklat atau putih kekuningan, tapi yang ini beda banget, yaitu berwarna hitam. Saya yakin sebagian besar pembaca di sini belum pernah sekalipun mencicipi black burger ini karena memang belum banyak yang menjualnya.

Dengan begitu, ini merupakan peluang bagus untuk dijadikan inovasi usaha modern makanan cepat saji yang dapat Anda mulai secepat mungkin, apalagi kalau saat ini sudah mempunyai tempat yang strategis seperti di pusat keramaian kota atau dekat dengan tempat nongkrong pasti akan sangat laku.

5. Semangka Goreng

semangka goreng

Sebagian besar penyajian buah semangka bisanya dimakan begitu saja untuk pencuci mulut. Akan tetapi, ada juga cara unik untuk menyajikan semangka. Buah semangka yang sudah matang dipotong-potong lalu digoreng barulah disantap.

Mungkin ini suatu proses membuat makanan yang mengadopsi pembuatan pisang goreng. Makanan kreatif seperti ini umumnya akan membuat orang merasa penasaran. Jadi, sangat pas sekali untuk dijadikan ide bisnis makanan kecil-kecilan karena tidak memerlukan biaya mahal.

6. Es Krim Goreng 

es krim goreng

Masih berhubungan dengan makanan yang digoreng, ini ada yang lebih menarik, yaitu es krim goreng. Makanan kekinian ini dikabarkan dapat mencetak keuntungan sampai 20 juta per bulan jika memang ditekuni secara serius.

Usaha jajanan unik dan kreatif ini untuk memulainya tidaklah susah, Anda cukup menyiapkan modal sekitar 6 hingga 7 jutaan sudah bisa mencari mitra dengan beberapa franchise yang bergelut di usaha es krim goreng. Dengan mengeluarkan modal awal tidak banyak, Anda sudah bisa mendapatkan peralatan dan bahan baku penjualan. Oh iya, termasuk juga pelatihan untuk dapat menjalankan usaha tersebut juga.

7. Steak Tempe dan Tahu

steak tahu dan tempe

Kalau kita bisanya makan steak itu terbuat dari daging sapi. Tapi ada juga loh steak dari tempe atau tahu yang rasanya tidak kalah enak dan bahan-bahan untuk membuatnya lumayan murah. Mulai membuka usaha kuliner unik dan kreatif seperti ini tentunya akan mempunyai prospek bagus untuk kedepannya.

Apalagi dari namanya saja mengundang rasa penasaran. Kalau ingin membuat usaha seperti ini sekurang-kurangnya dapat dimulai dengan dana 4 jutaan saja itupun udah berikut sewa kios kecil-kecilan dan bahan baku. Kalau alatnya kita pakai seadanya dulu aja karena masih masa merintis usaha.

Itu tadi inovasi peluang usaha makanan rumahan dengan modal kecil yang dapat mengundang banyak konsumen pecinta kuliner. Untuk mencari konsumen Anda dapat memanfaatkan pemasaran online sehingga tidak butuh modal dan bisa dilakukan dari rumah.
Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar