Cara Cek Kuota Telkomsel Terbaru Lewat SMS, MyTelkomsel, dan Dial Phone

Di era digital seperti saat ini, internet sudah menjadi salah satu kebutuhan yang harus dicukupi tiap bulannya. Bahkan sebagian orang telah mengatur berapa jumlah uang yang digunakan untuk membeli kebutuhan paket data mereka. Namun, tetap tetap saja jangan mengeluarkan terlalu banyak dana hanya untuk dapat melakukan browsing dan hal yang berkaitan dengan internet. Untuk itu tidak ada salahnya selalu kontrol penggunaan harian Anda. Bila kamu pengguna nomor Telkomsel dapat melakukannya dengan cara cek kuota Telkomsel 4G maupun 3G dengan mengikuti panduan yang akan kita bahas.

Pemakaian internet yang tidak terkontrol kadang akan membuat kita lupa diri hingga akhirnya tidak sadar bahwa sudah menghabiskan banyak sekali paket internet. Oleh karena itu saya akan memberikan cara cek kuota Telkomsel lewat SMS maupun aplikasi MyTelkomsel yang dapat dilakukan dengan mudah.

Baca juga: Cara Cek Nomor Telkomsel

Hal tersebut bertujuan untuk dapat mengetahui seberapa banyak dan apa saja yang membuat kuota internet cepat habis sehingga bisa menghindari penyebab boros kuota. Jadi, pengeluaran yang seharusnya untuk kebutuhan pokok tidak akan dikurangi hanya untuk memenuhi pembelian kuota setiap bulannya.

Cara Cek Kuota Telkomsel Terbaru


1. Menggunakan Dial Phone
Anda dapat mengetahui berbagai informasi tentang kartu seluler dengan menggunakan menu dial phone. Untuk dapat mengecek kuota Telkomsel caranya cukup panggil *888#. Setelah muncul pilihan menu, pilih pada cek kuota dan pulsa. Lebih jelasnya silakan ikuti panduan berikut.

  1. Ketik *888# pada menu panggilan kemudian tekan send atau panggil.
  2. Balas dengan menulis angka 5 pada kolom yang disediakan (dialogue box).
  3. Selanjutnya ketik lagi angka 3.
  4. Terakhir replay dengan menekan angka 2 lalu panggil.
  5. Setelah sampai di sini, tunggu saja pesan masuk yang berisi informasi detail sisa kuota internet Telkomsel milik kamu.
  6. SMS akan masuk dengan nomor operator 3636.

2. Melalui SMS
Selain cara pertama tadi, Anda juga dapat melihat sisa kuota dengan menggunakan SMS. Layanan ini dapat digunakan tanpa harus membayar biaya tambahan. Artinya dapat dilakukan secara gratis tanpa mengurangi jumlah pulsa sehingga bisa dilakukan walaupun tidak ada pulsa. Untuk melakukan pengecekan menggunakan SMS cukup mengirim pesan dengan format berikut:

UL (spasi) INFO kirim ke 3636 kalau format ini tidak bisa atau tidak ada balasan SMS gunakan format berikut. Flash (spasi) INFO V2 kemudian kirim ke nomor 3636.

3. Memakai Aplikasi MyTelkomsel
Menurut saya ini adalah cara paling mudah untuk dilakukan, yakni memakai aplikasi resmi bernama MyTelkomsel. Namun, untuk dapat menggunakan terlebih dahulu harus menginstal melalui Google Play Store maupun App Store bagi kamu pengguna Android maupun iPhone.

Baca juga: Cara Melihat Sisa Kuota Telkomsel

Setelah berhasil diinstal, buka dan lakukan pendaftaran menggunakan nomor Telkomsel yang digunakan. Setelah pendaftaran selesai, maka akan ditampilkan semua informasi yang berhubungan dengan nomor tersebut, seperti sisa pulsa, sisa paket telepon, masa aktif, dan tentunya sisa paket internet. Jika kamu belum paham penggunaannya berikut akan saya jelaskan.

cara cek kuota telkomsel

  1. Buka terlebih dahulu MyTelkomsel yang ada di smartphone.
  2. Lakukan pendaftaran dengan mengisikan nomor dan memasukkan kode verifikasi.
  3. Setelah berhasil mendaftar akan diarahkan ke halaman beranda aplikasi. Perhatikan pada bagian atas. Di situ, akan ditampilkan jumlah kuota yang dimiliki.
  4. Untuk melihat secara detail, klik rincian sisa paket tersebut.

Baca juga: Cara Menghemat Kuota

Silakan gunakan salah satu dari ketiga cara tadi. Namun saya sarankan Anda memakai cara ketiga saja bila sering melakukan pengecekan dikarenakan tidak terlalu rumit. Panduan ini merupakan cara cek kuota As, Simpati, dan Loop yang masih dalam produk Telkomsel.