5 Perawatan Rumahan Terbaik Untuk Rambut Rontok

Kerontokan rambut atau yang kerap disebut sebagai kebotakan maupun alopecia adalah sebuah masalah kesehatan yang populer saat ini. Menurut perkiraan kami sebagian besar orang akan mengalami masalah ini dan itu ialah tanda kesehatan mulai memburuk. Rambut rontok tak hanya berkaitan dengan masalah kesehatan akan tetapi juga mempengaruhi penampilan. Karena masalah ini sudah menjadi umum maka cara mengatasinya pula dapat Anda lakukan di rumah.
Cara mengatasi rambut rontok di rumah sebenarnya sangat mudah, kita dapat memakai buah seperti alpukat maupun telur.

Apa penyebab rambut rontok?

Berdasarkan pendapat banyak sumber, di kulit kepala manusia terdapat 100.000 lebih helai rambut dan jika rontok sebanyak 50 sampai 100 per hari itu masih normal. Tetapi, apabila jumlah rambut yang rontok sangat banyak dan melebihi jumlah tadi kemungkinan kesehatan tubuh maupun kulit kepala mengalami gangguan. Berikut ini ada beberapa sebab kenapa rambut rontok.

  • Genetika: Faktor gen biasanya paling sering ditemui. Tandanya dapat dilihat dari siapa saja dalam keluarga Anda yang mengalami kerontokan. Kemungkinan besar jika anggota keluarga ada yang belum mengalaminya ia tetap akan mengalami di usia tertentu.
  • Perubahan hormon: Hormon yang berubah juga dapat menjadi penyebab sering kali terjadi pada wanita hamil atau pasca persalinan.
  • Kondisi medis tertentu: Ada banyak kondisi medis yang bisa menjadi faktor penyebabnya, contoh saja infeksi pada kulit kepala.
  • Tekanan: Tekanan di sini lebih erat kaitannya dengan kondisi psikologis di mana seseorang yang sedang stres atau banyak pikiran dapat mempengaruhi organ atau hormon tertentu yang menyebabkan kulit tak sehat dan hingga akhirnya rambut rontok.

Apabila di antara pembaca artikel ini ada yang mengalaminya, selain melakukan perawatan medis anda juga bisa memakai cara yang akan kami berikan di bawah. Selain bisa dilakukan secara mandiri/rumahan perawatan rambut ini tergolong lumayan mudah dan murah. 

Berikut adalah beberapa perawatan rambut yang dapat kamu lakukan di rumah secara mandiri

1. Bawang
Di dalam bawang terdapat banyak kandungan senyawa belerang. Senyawa itu berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah ke ke kulit bagian kulit kepala dan produksi kolagen yang berguna untuk pertumbuhan rambut.

Di dalam bawang terdapat banyak kandungan senyawa belerang. Senyawa itu berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah ke ke kulit bagian kulit kepala dan produksi kolagen yang berguna untuk pertumbuhan rambut. Senyawa dalam bawang merah juga membantu mengurangi datangnya jamur dan bakteri. Jadi, bawang dapat dijadikan perawatan rumahan dengan harga yang murah. Untuk cara penggunaanya seperti:

  • Olesi kulit kepala dengan bawang yang telah dijadikan jus lalu biarkan kurang lebih selama 1/4 jam. Bila dirasa sudah cukup, bersihkan memakai sampo susu serta biarkan sampai rambut tidak basah secara alami. Untuk mendapatkan hasil maksimal diperlukan dua kali dalam satu minggu.
  • Pijat bagian kepala yang ditumbuhi oleh rambut yang sebelumnya diolesi dengan jus bawang dan madu. Lakukan setiap hari selama 15 menit.
  • Jika jus bawang baunya mengganggu Anda bisa memakai alternatif lain, yaitu dengan memotong bawang dan merendamnya dalam rum selama semalam dan baru pada pagi hari gunakan cairan rum untuk memijat.

2. Minyak Kelapa
Ada sebuah fakta yang membuktikan minyak kelapa bisa membantu dalam pertumbuhan rambut berkat kandungan di dalamnya. Dalam minyak kelapa terdapat kandungan larutan asam serta asam lemak yang bermanfaat memberikan perlindungan kepada akar maupun helai rambut.

Ada sebuah fakta yang membuktikan minyak kelapa bisa membantu dalam pertumbuhan rambut berkat kandungan di dalamnya. Dalam minyak kelapa terdapat kandungan larutan asam serta asam lemak yang bermanfaat memberikan perlindungan kepada akar maupun helai rambut. Selain mencegah rambut rontok, juga membantu kelancaran sirkulasi darah ataupun menyediakan nutrisi. Masukkan minyak kelapa ke dalam bahan perawatan untuk rambut Anda.

  • Pijat kulit kepala dengan memakai sedikit minyak kelapa hangat dari bagian akar rambut hingga ujung.
  • Mencampur santan, pulp alpukat, miyak zaitun dan madu lalu dijadikan masker pada rambut. Diamkan salam 30 menit sebelum dibilas.
  • Memakai santan yang dihangatkan untuk mencuci rambut.

3. Telur
Ilmu pengetahuan sudah membuktikan bahwa telur mempunyai kandungan protein yang membentuk 70% rambut. Selin itu,  pada telur terkandung nutrisi bermanfaat seperti vitamin B sehingga Anda wajib mencobanya.

Ilmu pengetahuan sudah membuktikan bahwa telur mempunyai kandungan protein yang membentuk 70% rambut. Selin itu,  pada telur terkandung nutrisi bermanfaat seperti vitamin B sehingga Anda wajib mencobanya.

  • Cara paling mudah untuk menumbuhkan rambut dengan telur adalah dengan memakannya setiap hari. 
  • Telur dapat dipadukan dengan 1 sendok makan minyak zaitun lalu dioleskan pada rambut. Bila rambut sudah cuci bisa dikeringkan memakai handuk. Cara ini juga efektif mengurangi rambut bercabang.
  • Olesi rambut Anda dengan masker putih telur.

4. Alpukat
Buah ini mempunyai begitu banyak manfaat terutama untuk menumbuhkan rambut yang rontok sebab kaya akan kandungan vitamin B dan E

Buah ini mempunyai begitu banyak manfaat terutama untuk menumbuhkan rambut yang rontok sebab kaya akan kandungan vitamin B dan E. Cara memakainya dengan:


  • Mencampur alpukat yang telah dicincang dengan satu butir telur bagian kuningnya serta air. lakukan pemijatan seperti cara lainnya.
  • Campur alpukat yg sudah ditumbuk, pisang, 1 sdt minyak zaitun. Jadikan masker rambut dan tunggu salam 30 menit sebelum dibersihkan.
5. Almond
Minyak almond punya vitamin D, E serta mineral  seperti kalsium ataupun magnesium yang berguna mengakhiri kerontokan rambut Anda.

Minyak almond punya vitamin D, E serta mineral  seperti kalsium ataupun magnesium yang berguna mengakhiri kerontokan rambut Anda. 

  • Hangatkan almond lalu gosokkan ke kulit kepala (jangan terlalu keras dalam menggosokkannya)
  • Biarkan beberapa jam agar meresap ke kulit sebelum melakukan keramas.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Perawatan Rumahan Terbaik Untuk Rambut Rontok"

Posting Komentar

Silakan ajukan pertanyaan kamu...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel