Pengertian Animisme dan Dinamisme

Animisme dan dinamisme akan menjadi pembahasan kita kali ini. Dalam lingkup masyarakat modern sekarang ini, masih sering kita temui kepercayaan-kepercayaan maupun anggapan yang bersifat supranatural. Mungkin di sekitar kalian juga ada anggapan seperti itu misalkan mempercayai adanya sebuah energi gaib di dalam suatu benda seperti patung, batu, keris, bahkan juga gambar.

Kira-kira kepercayaan apa yang ada di sekitarmu?  Nah, untuk itu marilah kita bahas jenis kepercayaan yang sering kita jumpai di sekitar kita di antaranya animisme dan dinamisme.

Pengertian Animisme dan Pengertian Dinamisme

Sebelum mulai menyimpulkan apa kepercayaan yang ada di lingkungan kita ada baiknya mengetahui definisinya masing-masing terlebih dahulu.

Pengertian Animisme 

Animisme adalah suatu keyakinan maupun kepercayaan atas semua hal yang ada di dunia ini memiliki roh. Dalam bahasa latin animisme atau bisa juga disebut Anima, ialah berarti roh.

Baca juga: Ciri-Ciri Negara Maju

Kepercayaan ini di Indonesia sangat kental juga dan banyak diyakini oleh nenek moyang kita. Sebagai contohnya, adanya gunung, pohon, laut, danau, maupun benda lain dipercaya memiliki jiwa dan harus dihormati serta harus dijaga agar jiwa yang bersemayam dalam tempat/benda tersebut tidak mengganggu kehidupan sehari-hari.

Banyak cara yang mungkin masih dipercaya oleh sebagian orang untuk menghormati suatu tempat/benda/tumbuhan di antaranya dengan mengadakan sesajen, persembahan, atau ritual lainnya.

Dalam kepercayaan mereka, dengan melakukan upacara penghormatan terhadap apa yang mereka yakininya bisa menghindarkan dari malapetaka dan dapat membantu kehidupannya. Kepercayaan akan animisme sendiri terbilang sangat kuat dengan ditandai banyaknya orang yang melakukan ritual-ritual tertentu.

Pengertian Dinamisme

Dalam bahasa Yunani, dinamisme bisa juga disebut dengan dunamos di mana mempunyai arti daya, kekuatan, atau energi. Pengertian dinamisme secara umum adalah meyakini akan adanya kekuatan gaib dalam benda-benda tertentu yang ada di dunia ini. Bahkan benda tersebut diyakini dapat memberi pengaruh kepada kehidupan.

Dalam lingkungan kita, pasti akan menemukan contoh keyakinan ini di antaranya keris, batu akik, pedang, tombak, panah, besi kuning, dan azimat. Benda-benda tersebut banyak dipercaya memiliki kekuatan gaib atau magis. Kekuatan dalam benda tersebut banyak dikaitkan berasal dari makhluk halus.

Kepercayaan semacam ini memang sangat melekat kuat walau sudah di era modern ini sebab diturunkan dari generasi ke generasi selanjutnya melalui tindakan dan kebiasaan hidup. Animisme dan dinamisme dilihat dari sejarahnya sudah berkembang dari zaman manusia purba dan sudah tertancap kuat dalam generasi ke generasi selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung di www.ifabrix.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel