--> Skip to main content

3 Cara Mengatasi Akun TikTok yang Terkena Shadow Ban

3 Cara Mengatasi Akun TikTok yang Terkena Shadow Ban
3 Cara Mengatasi Akun TikTok yang Terkena Shadow Ban

iFabrix.com - Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas cara mengatasi akun TikTok yang terkena Shadow Ban. Tutorial yang terdapat pada artikel berikut bisa menjadi solusi ketika akun TikTok yang dimiliki terkena shadow ban. Tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai dengan menjelaskan terlebih dahulu apa itu Shadow Ban.


Apa Itu Shadow Ban di TikTok?


Bagi pengguna TikTok baru, mungkin agak kaget saat melihat penurunan drastis dalam jumlah view dan interaksi seperti like dan komentar. Sebelumnya, mungkin kamu mendapatkan ribuan atau ratusan view, tetapi tiba-tiba angkanya anjlok bahkan di bawah 100.


Biasanya, jumlah interaksi pengguna seperti orang yang memberikan like juga ikut turun drastis. Hal ini adalah ciri-ciri yang menunjukkan bahwa akun TikTok terkena Shadow Ban.


TikTok memiliki beberapa peraturan yang sudah diumumkan oleh pihak TikTok dan wajib dipatuhi oleh pengguna. Pelanggaran sangat berat yang dilakukan oleh akun TikTok adalah pemblokiran oleh pihak TikTok.


Penyebab dan Tanda Akun TikTok Terkena Shadow Ban


Terdapat beberapa penyebab akun TikTok terkena Shadow Ban, seperti karena melakukan aktivitas yang terdeteksi oleh TikTok sebagai spam. Contohnya adalah terlalu sering mengupload video, berkomentar pada konten lain secara berulang-ulang, terlalu banyak follow akun dalam satu waktu, dan lain-lain.


Penyebab lain yang membuat sebuah akun terkena shadow ban di TikTok adalah karena melanggar hak cipta, mengandung unsur dewasa pada konten, mengunggah konten ilegal dan melanggar ketentuan, dan lain-lain.


Pelanggaran ini termasuk pelanggaran serius yang bisa mengakibatkan blokir akun TikTok. Selain itu, ada juga peringatan dan hukuman seperti Shadow Ban, di mana tidak ada peringatan tertulis dan tiba-tiba video yang diunggah di TikTok mengalami penurunan drastis dalam jumlah view dan interaksi pengguna.


Langkah-langkah untuk Mengatasi Shadow Ban di Akun TikTok


1. Privasi Semua Video TikTok


Buka akun TikTok dan privasi semua video. Meskipun ada opsi untuk menghapus video, lebih disarankan untuk memprivasi agar data dan statistik tetap tercatat.


Meskipun agak merepotkan apalagi video yang terupload pada akun yang terkena shadow ban sudah banyak dan memiliki view yang signifikan, ada baiknya untuk memilih untuk memprivasi video tersebut daripada kehilangan akun atau hanya memiliki akun sebagai pajangan.


2. Istirahatkan Akun TikTok


Setelah memprivasi video, berikan waktu agar akun beristirahat kurang lebih selama seminggu. Biarkan algoritma TikTok mereset dan menghapus data lama dari akun TikTok yang terkena shadow ban.


3. Upload Video Terbatas dan Tidak Spam


Setelah seminggu, coba unggah satu atau dua video per hari. Hindari pengunggahan konten video secara berlebihan karena TikTok membatasi spam video.


Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, coba untuk kembali mengunggah video dan melihat peningkatan jumlah view dan interaksi. Dengan konsep konten yang baru, jumlah like dan komentar harapannya bisa meningkat lagi secara signifikan. Langkah-langkah ini bisa membantu memulihkan akun TikTok yang terkena Shadow Ban.


Simak juga tutorial cara belanja di TikTok Shop dan cara menonaktifkan status online di TikTok.


Sekian informasi dan tutorial seputar TikTok yang dapat kami bagikan dan semoga bermanfaat kepada pembaca agar dapat mengatasi shadow ban pada akun TikTok agar jumlah view dan interaksi pengguna dapat kembali normal.


Itulah tutorial cara mengatasi shadow ban pada akun TikTok dan terima kasih sudah menyimak artikel sampai selesai. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar