--> Skip to main content

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 13 yang Harus Kamu Tahu Sebelum Beli

 

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 13
Kelebihan dan Kekurangan iPhone 13 yang Harus Kamu Tahu Sebelum Beli

Sebelum memutuskan untuk membeli iPhone 13, ada baiknya kamu mempelajari dulu seputar spesifikasi lengkapnya beserta kelebihan dan kekurangan ponsel flagship Apple satu ini.

iPhone 13 merupakan seri terbaru dari Apple yang telah menggemparkan publik. Salah satu hal yang menarik perhatian adalah desain kamera yang unik, dengan dua buah kamera yang diletakkan secara miring atau diagonal.

Selain itu, variasi warna yang disajikan pada seri ini lebih banyak daripada sebelumnya. Desain smartphone ini masih mempertahankan tampilan yang sama seperti seri iPhone 12, dengan layar selebar 6,1 inci dan bingkai aluminium yang memberikan kesan tegas pada tepinya.

Notch pada layar ponsel ini diklaim 20 persen lebih kecil sehingga memberikan kesan layar yang lebih luas.

Dari segi harga, iPhone 13 memiliki rentang harga yang tidak jauh berbeda dengan iPhone 12, dimulai dari 11 jutaan. Ponsel terbaru garapan Apple ini pasti memiliki kelebihan, kekurangan, dan spesifikasi yang harus calon pembeli pertimbangkan sebelum membelinya. Berikut penjelasannya:

Kelebihan iPhone 13

Inilah kelebihan iPhone 13 yang membuatnya banyak diminati oleh pengguna ponsel, terutama penggemar produk Apple:

1. Desain dan Display Semakin Beragam

Apple menghadirkan beberapa pilihan warna baru pada iPhone, termasuk Pink, Blue, Midnight, Starlight, dan Red. Desain iPhone 13 memiliki kesamaan dengan iPhone 12, dengan frame aluminium dan pinggiran yang tegas.

Desain kamera yang miring pada ponsel ini juga memberikan kesan yang berbeda dari seri sebelumnya.

2. Peningkatan Kualitas Baterai

iPhone 13 memiliki kualitas baterai yang lebih unggul dibandingkan iPhone 12, yang diklaim dapat bertahan 2,5 jam lebih lama dibanding seri sebelumnya.

Kapasitas baterai juga mengalami peningkatan, dari 2815 mAh menjadi 3240 mAh. Apple juga menyematkan fitur fast charging 20 watt pada seri ini.

3. Performa yang Ngebut

iPhone 13 juga dilengkapi dengan chipset terbaru, yaitu chipset Bionic 15 yang dirancang untuk kinerja ponsel yang lebih baik. Kecepatan pemrosesan data menjadi 50 persen lebih cepat daripada seri sebelumnya.

Sistem operasi iOS 15 terbaru dari Apple menawarkan fitur canggih dan terkini untuk meningkatkan kenyamanan pengguna, terutama dalam multitasking atau bermain game.

Sebelum beli, ketahui terlebih dahulu bagaimana cara membedakan ponsel iPhone asli dan palsu atau HDC dengan mudah supaya tidak tertipu oleh penjual nakal.

4. Kualitas Kamera yang Makin Canggih

iPhone 13 memiliki sedikit perbedaan dalam kualitas kamera dibandingkan dengan seri sebelumnya. Terdapat dua buah sensor kamera yang diletakkan secara diagonal, yaitu kamera utama 12 megapiksel dan kamera Ultra Wide 12 megapiksel.

Pada kamera belakang dilengkapi dengan teknologi sensor LiDAR yang berfungsi meningkatkan kualitas foto, seperti yang pertama kali diperkenalkan di iPhone 12 Pro Max.

Sisi kamera depan memiliki sensor kamera 12 megapiksel dan sensor LiDAR, sangat baik untuk selfie.

Ponsel ini mampu merekam video HDR dengan Dolby Vision hingga 60fps dan memiliki fitur potret mode malam dengan dukungan pemindai LiDAR.

5. Menggunakan Layar Ceramic Shield

Apple melakukan inovasi dengan menggunakan ceramic Shield dalam melindungi layar iPhone 13.

Lapisan Ceramic Shield ini memiliki sifat yang ringan, kuat, dan tahan terhadap panas serta aliran listrik.

Ceramic Shield memberikan perlindungan layar yang lebih kuat dan anti gores pada ponsel flagship Apple ini.

6. Teknologi Super Retina XDR dan Dukungan HDR10

Layar iPhone 13 menggunakan teknologi Super Retina XDR dengan resolusi 1170 x 2532 pixel.

Dukungan HDR10 memberikan warna akurat dan kontras yang lebih tinggi.

7. Rekaman Video Dolby Efisien dengan Suara Stereo

Kualitas perekaman video iPhone 13 mendukung format HDR10 dengan peningkatan kualitas yang signifikan yang memberikan hasil video dengan kedalaman warna, kontras, dan kualitas yang lebih baik.

Kekurangan iPhone 13

Selain kelebihan, tentunya suatu produk memiliki kekurangan, tak terkecuali iPhone yang merupakan ponsel flagship besutan Apple.

Berikut ini adalah kekurangan iPhone 13 yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya:

1. Desain Mirip dengan Seri Sebelumnya

Desain iPhone 13 terlihat cukup serupa dengan iPhone 12 yang memiliki pinggiran yang tajam dan iPhone 11 dengan modul kamera ganda. Hal yang membedakannya hanya tata letak kamera yang diatur secara diagonal.

Perubahan yang ada pada ponsel ini tidak begitu signifikan, sehingga iPhone 13 tidak terlalu berbeda dari seri sebelumnya.

Simak juga mengenai tutorial cara merekam layar iPhone tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan dengan mudah dan cepat.

2. Mentok di Refresh Rate 60Hz

iPhone 13 hanya memiliki tingkat refresh rate 60Hz, sedangkan para pesaingnya seperti Samsung Galaxy Z Flip 3 sudah memiliki refresh rate 120Hz.

Keberadaan refresh rate yang rendah ini bisa menjadi kekurangan jika kamu telah terbiasa menggunakan refresh rate yang tinggi pada ponsel lama.

Dengan berbagai kelebihan dan kekurangan yang telah dijelaskan di atas, kini saatnya kamu mempertimbangkan apakah ingin membeli iPhone 13.

Jika kamu menginginkan performa terbaik untuk bermain game, iPhone 13 adalah pilihan yang cocok. Namun, desain yang mirip dengan seri sebelumnya dan refresh rate 60Hz bisa membuat ponsel ini terasa sedikit kurang menarik dibandingkan dengan pesaingnya.

Bagaimana menurutmu? Apakah kamu sudah berniat untuk membeli smartphone iPhone ini?

Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar