--> Skip to main content

Cara Mengunci Aplikasi Play Store di HP Android agar Tidak Sembarangan Download

 

Cara Mengunci Aplikasi Play Store agar Tidak Sembarangan Download di HP Android
Cara Mengunci Aplikasi Play Store agar Tidak Sembarangan Download di HP Android

Sangat penting bagi para pengguna untuk mengetahui cara mengunci Play Store di perangkat Android agar dapat membatasi pengunduhan aplikasi yang tidak diinginkan oleh orang lain.

Artikel berikut ini akan membahas cara mengunci aplikasi Play Store supaya orang lain tidak bisa mendownload aplikasi secara sembarangan dengan mudah dan simpel.

Apa Itu Google Play Store?

Google Play Store adalah platform resmi yang dikhususkan untuk aplikasi, game, musik, film, dan buku yang tersedia untuk perangkat Android.

Platform ini telah digunakan di seluruh dunia dan menghasilkan jutaan bahkan miliaran unduhan.

Fungsinya adalah sebagai toko resmi yang menyediakan aplikasi untuk semua perangkat Android. Melalui Google Play Store, pengguna dapat menjelajahi dan mengunduh aplikasi yang dikembangkan dengan Android SDK atau Software Development Kit yang telah dirilis oleh Google.

Selain sebagai tempat untuk mengunduh aplikasi, platform Google satu ini juga bisa menjadi toko untuk membeli produk digital. Di sini, pengguna dapat menemukan berbagai macam musik, film, buku, dan acara televisi.

Aplikasi di Google Play Store dapat diunduh oleh pengguna secara gratis maupun berbayar. Jumlah aplikasi yang tersedia sangat banyak dan beragam. Sebagian besar aplikasi tersebut sangat berguna bagi pengguna.

Namun, terkadang ada beberapa aplikasi dan game yang dianggap tidak cocok untuk diinstal oleh anak-anak. Misalnya, game yang mengandung konten vulgar dan tidak sesuai untuk anak-anak.

Selain itu, Google Play Store juga menyediakan beberapa game premium yang memerlukan pembayaran sebelum mengunduhnya.

Untuk menghindari kekhawatiran orang tua tentang penggunaan aplikasi sembarangan oleh anak-anak, sangat penting untuk mengunci Google Play Store.

Google Play Store dilengkapi dengan fitur Pengendalian Orang Tua. Fitur ini berfungsi untuk membatasi akses pengguna lain saat hendak mengunduh suatu aplikasi.

Salah satu langkah yang dapat diambil adalah mengunci Play Store agar tidak ada pengunduhan aplikasi yang tidak diinginkan atau berbahaya.

Pada artikel tutorial ini akan membahas cara mengunci Play Store dengan mudah dan simpel.

Sebelum masuk ke inti tutorial, jangan lupa untuk mempelajari juga cara menghapus file sampah tersembunyi di HP Android dan cara mengunci aplikasi di Android.

Cara Mengunci Google Play Store

Langkah-langkah berikut ini akan membantu kamu mengunci Playstore melalui pengaturan Playstore yang tersedia secara default pada perangkat Android milikmu.

1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka aplikasi Play Store di HP Android kamu.

buka aplikasi Play Store di HP Android kamu

2. Kemudian, tap menu profil yang berada di kanan atas layar, cari menu Setelan.

tap menu profil yang berada di kanan atas layar, cari menu Setelan

3. Pilih opsi "Keluarga" dalam menu Setelan. Pada halaman menu ini, pengguna akan menemukan opsi "Kontrol Orang Tua". Aktifkan opsi ini dengan melakukan tap tombol aktifkan hingga bergeser ke arah kanan.

Pilih opsi "Keluarga" dalam menu Setelan

4. Setelah diaktifkan, aplikasi akan meminta pengguna untuk membuat PIN konten. Pilih PIN yang sulit ditebak oleh orang lain dan ingat baik-baik PIN yang kamu buat.

aplikasi akan meminta pengguna untuk membuat PIN konten

5. Setelah mengatur PIN, Google Play Store akan terkunci dan seseorang tidak dapat mendownload aplikasi yang tidak diizinkan kecuali mengetahui PIN yang telah dibuat tadi.

Setelah mengatur PIN, Google Play Store akan terkunci

6. Pengguna juga dapat mengatur rating batasan usia aplikasi yang diizinkan dengan memilih opsi "Aplikasi & Game" dalam pengaturan tersebut.

Pengguna juga dapat mengatur rating batasan usia aplikasi yang diizinkan

7. Centang rating usia yang diizinkan untuk mengaksi Google Play Store di HP Android kamu. Jika sudah selesai mengatur rating, tap tombol Simpan.

8. Dengan menggunakan metode ini, pengguna telah berhasil mengunci Play Store secara efektif.

Demikian tutorial cara mengunci aplikasi Play Store agar orang lain tidak bisa sembarangan download di HP Android kamu. Semoga bermanfaat!

Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar