Skip to main content

Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL: Spesifikasi, Review, dan Harga

google pixel 4 dan pixel 4 xl
Tampilan Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL

Bagi Anda pecinta teknologi yang selalu update mengenai informasi ponsel terbaru pasti sudah mendengar kabar mengenai peluncuran Google Pixel 4 dan Pixel XL bukan? Ya, kedua ponsel Android buatan Google tersebut telah resmi diluncurkan pada 15 oktober 2019 di New York.

Dalam acara peluncuran bernama "Made by Google" tersebut, kedua perangkat Pixel resmi dinyatakan untuk bersaing dalam pasar ponsel internasional. Ada banyak sekali hal yang ditonjolkan oleh Google terkait dengan Android Pixel 4 dan Pixel 4 XL.

Namun, yang paling banyak disinggung sebagai suatu hal menonjol dari perangkat buatan Google ini adalah pada sektor kamera. Kini ponsel buatan Google sudah tidak mau lagi ketinggalan dengan tren kamera ganda atau lebih banyak. Hal tersebut ditunjukkan pada perangkat Pixel 4 dan Google Pixel 4 XL.

Untuk lebih jelasnya mari kita bahas lebih lengkap mengenai spesifikasi Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL berikut ini. Kami juga akan memberikan sedikit review dan bocoran harga jika nanti sudah resmi masuk ke Indonesia.

Review Spesifik Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL

Sudah tidak heran lagi kalau perangkat buatan Google memiliki spesifikasi sangat mumpuni karena tergolong sebagai ponsel flagship. Pada umumnya jika ada ponsel baru kita hanya mendapatkan satu atau dua teknologi baru yang ditanamkan. Tetapi, hal tersebut ternyata tidak berlaku pada ponsel buatan Google kali ini karena terdapat 4 teknologi baru yang dimasukkan ke dalam ponsel mereka.

spesifikasi google pixel 4 xl dan pixel 4
Spesifik Google Pixel 4 dan Pixel XL

Face Unlock

Fitur face unlock pada seri Pixel 4 menurut saya adalah yang tercepat dan akurat untuk saat ini. Hal ini saya simpulkan karena ketika mengangkat telepon seketika itu juga kunci sudah langsung terbuka. Kecepatan dan akurasi tersebut dikarenakan komponen yang dipakai oleh Pixel 4 sama dengan Face ID yang dipakai oleh Apple. Tetapi, pihak Google mengatakan bahwa cara kerjanya sedikit berbeda secara teknis.

Layar OLED

Sepertinya kali ini Google benar-benar serius dalam pembuatan Pixel 4. Hal ini ditunjukkan dari akurasi dan kualitas panel OLED yang sama bagusnya pada kedua ponsel. Selain itu, layar OLED tersebut telah mendukung refresh rate hingga 90Hz dengan nama "Smooth Display".

Walaupun ini buka teknologi revolusioner, tapi menurut saya pribadi merupakan suatu keunggulan tersendiri dibandingkan dengan kebanyakan smartphone Android sebelumnya. Pada layar Google Pixel terbaru ini juga dibekali dengan fitur Ambient EQ.

Ambient EQ adalah sebuah fitur adaptasi layar yang akan menyesuaikan suhu warna dengan ruangan. Teknologi ini hampir sama seperti yang digunakan oleh iPad Apple dan Google Nest Home Hub.

Motion Sense

Motion Sense merupakan salah satu fitur yang menurut saya sangat menarik karena menggunakan teknologi radar yang membuat pengguna dapat mengontrol smartphone tanpa harus menyentuhnya. Teknologi radar ini secara teknis memiliki kesamaan seperti pada pesawat, yaitu sama-sama berfungsi untuk mendeteksi gerakan dari jarak jauh.

Ada tiga kelebihan yang dimiliki karena penggunaan Motion Sense ini. Berikut penjelasannya.

  • Reach: Google Pixel 4 mampu mendeteksi pengguna ketika akan meraih ponsel. Contohnya, ketika alarm berbunyi dan pengguna akan memegang ponsel dengan niat untuk mematikan maka suara alarm akan otomatis menjadi pelan.
  • Presence: dengan kemampuan mendeteksi keberadaan pengguna, Pixel 4 dapat mengatur penggunaan fitur always on display. Contohnya saat HP diletakkan di atas meja kemudian akan diambil maka otomatis layar akan menyala pada posisi tampilan always on display, kemudian akan dimatikan kembali ketika pengguna menjauh dari ponsel.
  • Gesture: penggunaan radar mampu memberikan akurasi lebih baik saat memakai gesture. Pengguna dapat menolak panggilan masuk dengan cepat hanya dengan melambaikan tangan saja.

Kualitas Kamera

Akhirnya Google kini mau menambahkan kamera kedua pada ponsel buatannya setelah bertahun-tahun mempertahankan pendapatnya bahwa hanya dengan satu kamera dapat melakukan banyak hal dibandingkan dengan memakai dua kamera.

Pada sektor kamera kedua varian HP Android Pixel 4 telah dibekali kamera utama sebesar 12 megapiksel yang dikombinasikan dengan 16 megapiksel kamera tele di mana mampu melakukan pembesaran gambar hingga 2 kali zoom. Tetapi, sangat di sayangkan karena tidak adanya kamera ultra-wide.

Penggunaan kamera tambahan pada Pixel 4 ini sedikit berbeda dibandingkan dengan kebanyakan ponsel masa kini yang menggunakan kamera tambahan untuk menghasilkan efek bokeh.

Menurut Google, lensa tele tersebut lebih berguna karena mampu memotret objek dengan jarak lebih jauh tanpa mengurangi kualitas gambar. Kemampuan menakjubkan tersebut diperoleh dari perpaduan zoom digital dan optik.

Fitur lainnya yang ada pada Pixel 4 adalah Live HDR+ dengan kemampuan mengontrol dua exposure sekaligus yang bisa disesuaikan menggunakan slider pada layar ketika akan mengambil gambar.

Untuk Anda yang gemar berfoto di tempat gelap mungkin ini adalah kabar yang menggembirakan, sebab fitur Nigh Sight pada Pixel 4 telah mengalami peningkatan yang cukup baik. Sekarang pengguna dapat mengambil gambar long exposure ataupun melakukan atrophotography.

Sementara pada bagian depan memiliki kamera dengan ukuran 8 megapiksel yang disandingkan dengan LED flash untuk dapat menghasilkan gambar yang terang pada kondisi kurang cahaya, misalnya ketika mengambil foto pada malah hari.

Harga Google Pixel 4 XL dan Pixel 4: Menurut informasi yang saya dapatkan dari Pocket-lint, Google Pixel 4 dijual dengan harga sekitar 799 dolar atau bila dirupiahkan sebesar 11 juta untuk seri 64 GB. Sedangkan, Google Pixel 4 XL harganya mulai dari 899 dolar atau 12 jutaan, tentunya harga tersebut akan menyesuaikan dengan spesifikasinya.

Nah, bagaimana menurut kamu mengenai HP Google Pixel 4 dan Google Pixel 4 XL ini? Apakah dengan harga segitu sebanding dengan spesifikasi dan fitur yang diberikan? Coba tulis jawaban kamu di komentar.
Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar