Skip to main content

Cara Order Gojek Online Untuk Yang Pertama Kali Menggunakan

Cara order Gojek online dan langsung dengan mudah dan cepat untuk pemula. Gojek sebenarnya dapat dipesan dengan sangat mudah dan dapat dilakukan oleh orang awan sekalipun, terlebih lagi bila sudah biasa memakai smartphone. Yang paling penting untuk melakukan pemesanan harus memiliki HP Android dan telah memasang aplikasi ojek online tersebut.

Nah, untuk yang masih mengalami bingung tentang bagaimana cara memesan, kamu tidak perlu khawatir karena di sini iFabrix akan memberikan penjelasan cara pesan Gojek.

Gojek adalah perusahaan bergerak dibidang layanan transportasi, pembayaran, logistik, serta lain sebagainya yang melayani transaksi pesanan secara online melalui aplikasi. Program yang ditawarkan kepada para konsumen begitu beragam seperti 3 layanan umum dengan banyak peminat di bawah ini.
  • Go-Ride: jasa transportasi online memakai kendaraan roda dua. Perusahaan tersebut mengklaim telah memiliki 2.000 mitra driver siap mengantar Anda ke mana saja.
  • Go-Car: ini hampir sama saja dengan Go-Ride, tetapi kendaraan yang digunakan adalah jenis kendaraan roda empat.
  • Go-Food: jasa pesan dan antar makan dapat dilakukan melalui aplikasi. Pelanggan dapat memesan berbagai kuliner dari penjual terdaftar melalui ponsel.
Untuk melakukan pesanan layanan Gojek, harus memiliki aplikasi dan akun yang sudah terverifikasi. Selanjutnya tinggal buka aplikasi GO-JEK tersebut dan pilih menu layanan yang Anda inginkan misalkan Go-Car, Go-Food, dan Go-Ride.

Karena lengkapnya layanan, Gojek berhasil mendapatkan hati masyarakat yang sebelumnya merupakan pengguna transportasi umum, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan lain-lain dengan kebutuhan transportasi cepat dan murah.

Cara Order Gojek

Sebelum kita membahas bagaimana melakukan pesanan, mari kita pelajari terlebih dahulu bagaimana memakai aplikasi Gojek.
  1. Buka Google Play di HP Android milik kamu.
  2. Ketik di pencarian "GO-JEK". Bila sudah ditemukan ketuk instal.
  3. Apabila proses instalasi telah selesai, selanjutnya Anda akan membuat akun terlebih dahulu. Langsung saja buka dan tekan pilihan Sing Up.
  4. Anda akan disuguhkan formulir pendaftaran. Isikan sesuai dengan data diri Anda secara benar.
  5. Sistem Gojek akan mengirimkan ke nomor yang didaftarkan kode verifikasi.
  6. Salin dan tulis kode tersebut ke dalam kolom aplikasi GO-JEK yang sudah disediakan.
  7. Selesai.

Cara Order Go-Ride

1. Sampai di sini saya anggap anda telah melakukan langkah pendaftaran akun yang sebelumnya telah kami jelaskan. Langsung saja buka aplikasinya dan tekan menu Go-Ride. 

2. Apabila sudah terbuka akan disuguhkan maps di mana akan secara otomatis mendeteksi keberadaan kamu saat itu dengan memakai GPS (pastikan akses lokasi di HP sudah aktif). Jika lokasimu sudah ditemukan, kamu hanya perlu memasukkan nama lokasi tujuanmu di kolom yang tersedia. Bila sudah, di situ akan muncul tarif serta metode pembayaran yang dapat digunakan. Umumnya orang lebih sering memakai pembayaran tunai dikarenakan tidak perlu mengisi saldo Go Pay dan rasanya seperti memakai ojek pangkalan pada umumnya. Namun, jika ingin mendapatkan potongan harga (bila ada promo) sebaiknya pakailah Go Pay. Terakhir tinggal tekan tombol Pesan Go-Ride di bagian bawah.

3. Di situ kamu akan segera menemukan menu untuk memantau ketika aplikasi sedang dalam proses mencari driver yang mau mengambil pesananmu. Cukup tunggu saja hingga ada driver yang menerima orderan. Nantinya akan ditampilkan data dari driver tersebut berupa nama dan nomor kendaraan yang akan dipakai untuk menjemputmu di titik lokasi awal serta mengantar ke tempat tujuan. Ada layanan lain dari Gojek untuk mengambil barang, yaitu Go-send.

Cara Pesan Go-Food

Saya tidak akan membahas tentang Go-Car karena sama saja dengan Go-Ride. Layanan Go-Food ini merupakan jasa paling sering digunakan. Dengan memesannya, driver dari GO-JEK akan membelikan pesanan makanan yang Anda pilih lalu mengantar ke tempat kamu. Jasa ini memudahkan dan sangat bermanfaat ketika kita sedang malas untuk ke luar rumah namun ingin makan tanpa perlu repot-repot antri. Cara menggunakan layanan Go-Food di Aplikasi Go-JEK cukup mudah seperti berikut ini.
  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Gojek pada smartphone-mu.
  2. Pada menu, pilih Go-Food (simbol sendok dan garpu).
  3. Apabila dirimu sudah memikirkan makanan apa yang ingin dipesan, langsung saja pilih toko maupun restoran sesuai keinginanmu. Apabila masih bimbang, cobalah lihat melalui kategori yang berada di layanan Go-Food.
  4. Masuk ke dalam tampilan restoran yang kamu inginkan. Pilih makanan mana yang akan dipesan.
  5. kamu akan dihadapkan menu pengiriman dan pembayaran. Pastikan bahwa alamat rumah sudah benar dan pilih cara membayar sesuai kemauanmu. Klik tombol Pesan berwarna hijau.
  6. Tunggu sampai menemukan driver yang mau membelikan pesanan Anda. Bila sudah menemukan, kamu bisa langsung menghubungi dengan chat atau telepon untuk melakukan konfirmasi pesanan.
  7. Tunggu sampai santapan di antar ke rumah.

Bila cara pesan kita sudah tahu, lalu bagaimana cara membatalkan order Gojek? Jika kamu baru melakukan pesanan bisa langsung menekan ikon X dengan warna merah untuk melakukan pembatalan. Tetapi, jika driver telah membayar pesanan makanan yang kamu pilih, tidak dapat dibatalkan. Sebaiknya hubungi driver sebelum memutuskan untuk cencel pesanan.

Cara Membayar Order Gojek

Gojek telah memberikan dua pilihan metode yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran, yaitu secara tunai maupun dengan memakai Go-Pay. Mungkin ada yang masih bingung mengenai Go-Pay. Go-Pay adalah metode pembayaran untuk layanan yang diberikan GO-JEK. Pelanggan sebelumnya harus melakukan top-up supaya saldo Go-Pay terisi dan dapat digunakan. Jadi, bila melakukan pesanan dan membayar dengan Go-Pay maka beban pembayaran akan diambil dari saldo Go-Pay milikmu.

Untuk melakukan pengisian saldo Go-Pay cukup mudah dilakukan. Kita dapat mengisinya lewat ATM, m-Banking, dan metode lain yang mungkin disediakan. Dengan mengisi saldo, maka secara otomatis dapat dipakai untuk membayar semua layanan yang disediakan oleh pihak GO-JEK.

Baca juga: Cara Mengaktifkan M Banking BCA

Semoga artikel cara order Gojek pertama kali ini dapat membantu orang yang masih bingung melakukannya. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar maupun share.
Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar