Bagian-Bagian Bunga yang Merupakan Simbol Cinta

Bunga, yang dikenal juga dengan sebutan kembang, adalah struktur reproduktif yang ditemukan dalam tumbuhan bunga (tanaman divisi magnoliophyta, dikenal juga dengan sebutan angiosperma).

Fungsi biologis dari bunga adalah untuk reproduksi, biasanya dengan memberikan mekanisme dari penyatuan antara sperma dengan telur. Bunga bisa memfasilitasi reproduksi silang (gabungan sperma dengan telur dari individu berbeda dalam sebuah populasi) atau dengan reproduksi mandiri (gabungan sperma dan telur dalam  bunga yang sama.
Bagian-Bagian Bunga yang Merupakan Simbol Cinta

Beberapa bunga memproduksi diaspora tanpa penyuburan (parthenocarpy). Bunga memiliki dan mengandung sporangia dan merupakan tempat di mana gametophytes berkembang.

Kebanyakan bunga tumbuh menjadi sesuatu hal yang menarik bagi beragam binatang, sehingga mereka bisa menjadi sebuah faktor untuk mentransfer pollen atau serbuk sari ke bunga lainnya. Setelah proses penyuburan, ovarium dari bunga akan berkembang menjadi buah yang mengandung biji-bijian.

Selain juga memfasilitasi reproduksi dari mengembangkan tumbuhan, bunga juga telah menjadi sebuah hal yang disenangi dan digunakan oleh manusia untuk membawa nilai estetika untuk lingkungan.

Bahkan bunga merupakan salah satu simbol cinta. Ia sering dijadikan medium untuk menggambarkan rasa cinta kita pada orang yang kita cintai. Baik itu pacar, sahabat, kekasih, keluarga, atau bahkan pasangan kita sendiri. Tapi, tidak hanya cinta. Bunga juga memiliki banyak jenis yang bisa juga dijadikan sebagai simbol lainnya, mulai dari suka maupun duka.

Tapi, secara ilmah sebenarnya bunga hanyalah jenis tanaman yang memiliki banyak bagian. Tidak seperti tanaman lainnya yang jenis rerumputan maupun pepohonan, bagian-bagian bunga ini terlihat indah sehingga diberikan simbol-simbol lain yang juga indah. Sehingga konotasi positif diberikan pada bunga karena keindahan bagian-bagiannya tersebut.

Untuk mengetahui berbagai bentuk bagian bunga yang indah, berikut adalah penjelasannya.

1. Kelopak

Kelopak adalah bagian bunga yang memberikan keunikan bentuk. Seringkali bagian ini memiliki beragam warna cerah untuk memancing serangga atau makhluk hidup lain, karena merekalah yang membantu proses penyerbukan.
2. Mahkota

Mahkota bunga adalah bagian kecil seperti daun yang tumbuh di bawah kelopak bunga. Bagian ini memiliki fungsi untuk melindungi bunga sebelum mekar. Pada saat masih kuncup, bagian ini berada di bagian terluar dari bunga dan membungkus kelopak di dalamnya.

3. Tangkai

Tangkai bunga merupakan bagian memanjang dari bunga menuju akar, tempat mengalirnya nutrisi dari media tanam. Biasanya digunakan oleh banyak orang untuk memegang bunga ketika membawanya. Untuk beberapa jenis bunga, terdapat duri di bagian ini.

4. Putik

Putik adalah bagian dari bunga perempuan. Bagian ini memiliki empat bagian penting lain:


  • Kepala Putik: Bagian ini berfungsi sebagai tempat menempel dan masuknya serbuk yang berasal dari kepala sari. Serbuk ini nantinya ditransfer ke bagian lain yaitu ovarium atau inti telur lewat tabung serbuk;
  • Tangkai Putik: Bagian ini berfungsi untuk menyangga kepala putik sehingga berada di posisi yang diinginkan. Bagian ini memiliki saluran serbuk sari yang menjadi tempat lewatnya serbuk seperti yang dijelaskan di bagian sebelumnya;
  • Ovarium: Bagian ini merupakan bagian yang berfungsi sebgai tempat pembuahan sehingga terjadinya peleburan antara gamet jantan dan betina sehingga menghasilkan bakal buah;
  • Ovulum: Ini merupakan tempat terjadinya proses pembentukkan biji sehingga nantinya terjadi hasil biji yang matang. Bagian ini memiliki peran penting agar bunga memiliki penerusnya.


5.Benang Sari

Benang sari merupakan bagian laki-laki dari bunga, bagian ini memiliki dua bagian penting, yaitu:


  • Kepala Benang Sari: Kepala benang sari berfungsi menghasilkan serbuk sari atau polen yang akan di transfer ke bagian putik oleh bantuan serangga atau hewan lain seperti lebah. Ini merupakan bagian terpenting dalam reproduksi bunga;
  • Filamen: Bagian ini adalah yang menghubungkan kepala putik benang sari dengan bagian bunga.


Itulah tadi bagian-bagian bunga yang perlu diketahui. Bunga sendiri merupakan bentuk natural dari bagaimana makhluk bereproduksi tanpa harus saling bersentuhan langsung.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bagian-Bagian Bunga yang Merupakan Simbol Cinta"

Posting Komentar

Silakan ajukan pertanyaan kamu...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel