7 Fungsi Bagian-Bagian Bunga Terlengkap

Kali ini kita akan mempelajari mengenai bagian-bagian bunga lengkap beserta dengan penjelasan serta fungsinya. Bunga adalah salah satu bagian dari tumbuhan yang mempunyai fungsi untuk melakukan perkembangbiakan. Dalam sebuah bunga terdapat beberapa bagian penting seperti, kepala sari dan lainnya. Pada artikel ini saya akan membagikan sedikit pengetahuan mengenai hal tersebut dengan bahasa yang mudah dipahami. Namun, sebelum memulai pembahasan tersebut ada baiknya kita memulai dengan mengetahui pembahasan di bawah ini
Bunga memiliki bagian-bagian, yaitu mahkota, kepala sari, benang sari, kepala putik, tangkai putik, bakal biji, tangkai, kelopak, dan dasar bunga.

Pengertian Bunga

Bunga adalah organ atau alat reproduksi pada tumbuhan. Dalam bahasa jawa bunga juga kerap disebut dengan kata kembang sedangkan bahasa Latin "flos". Pada tumbuhan berbiji tertutup atau angiospermae memiliki dua bagian penting bunga, yaitu benang sari dan putik.

Dalam sebuah rangkaian, bunga bisa tumbuh secara individu maupun bersama. Bila tumbuh secara bersama disebut dengan bunga ganda, majemuk, ataupun inflorescence. Pada jenis tertentu, bunga majemuk juga dianggap sebagai tunggal oleh orang awam, contohnya bunga matahari. Padahal beberapa bunga yang menyusunnya disebut floret.

Menurut ilmu botani bunga adalah bagian dari tumbuhan yang berfungsi untuk menghasilkan biji. Penyerbukan serta pembuahan pada tumbuhan berlangsung pada alat seksual tumbuhan, yaitu bunga. Setelah melewati proses pembuahan, bunga akan menghasilkan buah. Buah merupakan bagian dari tumbuhan yang mempunyai salah satu fungsi untuk melindungi biji.

Secara biologi bunga mempunyai fungsi sebagai alat seksual. Ia merupakan tempat bersatunya antara gamet jantan (mikrospora) serta betina (makrospora)  yang akan menghasilkan biji.

Anda pasti sudah pernah melihat bunga dengan warna indah dan cerah. Tapi tahukah kamu fungsinya? Warna cerah dari bunga mempunyai fungsi tersendiri, yaitu untuk menarik perhatian hewan agar membantu dalam penyerbukan. Selain itu ada juga bunga yang memakai cara lain seperti menghasilkan bau khas.

Beberapa tanaman seperti bunga kertas memanfaatkan bunganya sebagai alat pertahanan diri dari situasi yang kurang baik. Contohnya bunga kertas akan segera membuat bunga jika ia dalam kondisi suhu rendah maupun kekurangan air. Dengan begitu apabila tanaman tersebut mati maka akan mendapatkan penggantinya dari biji yang telah matang dan siap tumbuh menjadi tanaman.

Bagian Bunga Beserta Fungsinya


1. Benang Sari

Organ reproduksi jantan pada bunga adalah benang sari (stamen). Benang sari memiliki beberapa bagian antara lain filamen (tangkai sari) dan anter (kepala sari). Anter sendiri mempunyai 4 kotak sari yang disebut mikrosporangia. Selanjutnya mikrosporangia serta spora haploid yang berkembang memiliki kandungan serbuk sari di dalamnya ( hal ini mirip dengan gimnosperma, misalkan pinus atau lumut). Serbuk sari tersebut akan dilepaskan melalui anter serta akan jatuh dan terbawa oleh angin, hewan, air, ataupun faktor exsternal lainnya ke pada putik bunga lain sehingga terjadi proses penyerbukan.


  • Kepala sari adalah ujung dari sebuah tangkai sari. Dalam kepala sari terdapat ruang yang dapat dipergunakan untuk tempat menampung serbuk sari
  • Tangkai sari ialah bagian penopang kepala sari yang berfungsi agar posisi kepala sari lebih tinggi dari mahkota bunga sehingga serbuk sari lebih mudah terkena angin atau hewan lalu bertemu dengan putik dan terjadi proses penyerbukan.
  • Tepung sari merupakan bagian benang sari yang sangat penting karena terdiri dari banyak sel kelamin jantan yang akan membantu dalam proses penyerbukan.

2. Putik

Putik adalah bagian reproduksi betina dari bunga. Letak putik umumnya berada pada tengah-tengah bunga. Di dalamnya terdapat sel telur yang sangat berguna ketika proses pertumbuhan tanaman. Di bawah ini adalah beberapa bagian penting yang ada pada putik.


  • Kepala putik ialah bagian bunga yang berada pada ujung tangkai sari. Kepala putik mempunyai fungsi sebagai penyalur bakal dari biji agar dapat melalui proses penyerbukan secara sempurna.
  • Tangkai putik adalah bagian bunga yang terdapat antara kepala putik dan bakal buah. Tangkai putik berfungsi sebagai penyangga kepala putik supaya tetap pada posisi seharusnya. Di dalamnya, terdapat rongga untuk jalan lewatnya polen ke inti generatif. 
  • Bakal buah  (ovary) adalah bagian dari sebuah putik bunga di mana di dalamnya terdapat sel telur yang apabila telah melalui proses penyerbukan akan menjadi buah/bibit baru.


3. Mahkota Bunga

Mahkota bunga merupakan salah satu perianthium (perhiasan bunga). Mahkota bunga akan mempunyai warna mencolok yang berfungsi menarik perhatian hewan seperti serangga yang bermanfaat dalam penyerbukan.

4. Bakal Biji

Bakal biji (ovulum) adalah tempat yang digunakan oleh tumbuhan berbiji untuk menyimpan ovum (sel telur). Sel telur tersebut akan dibuahi oleh serbuk sari dalam proses penyerbukan. Jika kita mau memperhatikan bakal biji akan mudah dilihat, terutama pada jenis tanaman biji terbuka. Bakal biji yang sudah berkembang akan mempunyai 3 bagian utama, seperti integumentum, nuselus, serta megagametofit.

5. Kelopak Bunga

Calyx (kelopak bunga) adalah bagian terluar dari bunga yang menjadi selimut bunga saat masih dalam keadaan kuncup. Fungsi utama dari kelopak ialah melindungi bagian mahkota saat kuncup dan akan terbuka jika telah mekar.

6. Dasar Bunga

Seperti namanya, dasar bunga terdapat pada bagian bawah tepatnya pada atas tangkai. Fungsi dari dasar bunga adalah sebagai tempat untuk menempelnya mahkota.

7. Tangkai Bunga

Tangkai bunga terletak tepat di bawah bunga. Tangkai tersebut menopang dan menjadi penghubung ranting dengan bunga. Bila tidak ada tangkai maka bunga tak akan dapat berdiri.

Itu tadi penjelasan singkat tentang bagian bunga yang pada umumnya merupakan mata pelajaran di sekolah menengah pertama maupun sekolah dasar. Semoga Anda terbantu dan jangan lupa berkomentar di kolom bawah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Fungsi Bagian-Bagian Bunga Terlengkap"

Posting Komentar

Silakan ajukan pertanyaan kamu...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel