Penyebab Keputihan dan Cara Menghindari Pada Wanita

Keputihan bila disertai dengan bau dan hal berbeda dari biasanya seperti terlihat putih susu mungkin ini menjadi tanda bahwa Anda mengalami keputihan abnormal. Biasanya, dalam kasus ini disertai dengan gejala lain seperti gatal serta rasa panas pada kelamin. Apa bila Anda mengalami hal tersebut saya menganjurkan untuk segera datang ke dokter agar secepatnya mendapat tindakan medis.

Tetapi, ada jika tidak mengalami keanehan berarti bukan tanda penyakit atau terkena infeksi karena keputihan adalah normal untuk wanita. Tanda-tanda keputihan normal seperti memiliki sejumlah kecil cairan jernih atau putih maupun tidak berbau. Selain itu, sebetulnya cairan warna putih seperti putih telur dapat dijadikan patokan masa subur wanita.
Penyebab keputihan dan Cara Menghindari Pada Wanita
Sumber: Pixabay

Penyebab Keputihan Abnormal


keputihan yang dikatakan sebagai abnormal ketika disertai dengan gejala lain misalkan kemerahan, gatal-gatal, serta sensai terbakar di vulva. Adapun penyebab lain seperti:

 Kandidiasis vagina

Kandidiasis vagina adalah infeksi umum pada wanita dan timbul karena adanya jamur Candida albicans yang juga menyebabkan gatal-gatal di area kelamin, rasa panas ketika buang air kecil, nyeri selama berhubungan intim, dan kemerahan pada organ vital wanita.

Untuk mengobatinya pengobatan dilakukan dengan penggunaan anti jamur, dalam bentuk tablet, salep maupun passaries seperti Ginocenesten, Gyno-Daktrin atau Fluconazole. Perawatan dapat berlangsung antara 3 hingga 7 hari dan harus direkomendasikan oleh dokter spesialis.

Vaginosis bakterial

Vaginosis bakterial adalah gangguan yang diakibatkan oleh bakteri Gardnerella vaginalis yang dapat menyebabkan keluarnya cairan putih, keabu-abuan, maupun kuning. Biasanya diikuti dengan munculnya bau tidak sedap.

Untuk menyembuhkan dilakukan melalui penggunaan antibiotik seperti Metronidazole serta selama periode penyembuhan dianjurkan memaki alat pengaman bila ingin melakukan hubungan suami istri.

Cara Menghindari Keputihan Abnormal


Untuk menghindari munculnya infeksi vagina dan berujung pada keputihan abnormal ada beberapa kebiasaan yang sangat penting namun orang tidak banyak yang mengetahui.


  • Hindari memaki pakaian dalam yang lembab ataupun basah.
  • Jangan memakai pakaian dalam dengan bahan terbuat dari sintetis.
  • Pakailah celana ukuran longgar.
  • Hindari makanan manis dengan kandungan kaya karbohidrat karena bisa mengurangi kekebalan serta mendorong munculnya infeksi bahkan juga penyakit lain seperti diabetes.
  • Hindari penggunaan douching langsung pada area genital dan cucilah bagian luar organ vital menggunakan sabun khusus rekomendasi ahli kesehatan.
  • Selalu jagalah kebersihan sehingga mengurangi risiko tumbuhnya bakteri penyebab keputihan.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Keputihan dan Cara Menghindari Pada Wanita"

Posting Komentar

Silakan ajukan pertanyaan kamu...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel