Cara Mengedit File PDF Dengan Cepat dan Mudah

iFabrix - File PDF kini sudah sangat umum dipakai sebagai format untuk menyimpan dokumen maupun data. Hal itu dikarenakan lisensi gratis dan banyaknya software pengolah dokumen yang telah mendukung untuk mengakses jenis file tersebut. Akan tetapi, walau banyak sekali program pengolah data dapat dipakai tapi tidak semuanya memberikan akses gratis sepenuhnya di mana biasanya hanya diberikan fitur edit PDF standar saja.

Kemampuan dasar software yang umum diberikan secara gratis pada umumnya adalah untuk memberikan comment sehingga dapat dipastikan bahwa kita tidak dapat mengedit file PDF secara penuh walau comment tersebut juga dapat tersimpan setelah kita melakukan save dokumen.

Untuk saat ini ada beberapa cara mengedit PDF yang umum dilakukan dan di antara banyak cara tersebut ada dua yang paling sering saya pakai karena benar-benar mudah dan dapat melakukannya tanpa memerlukan aplikasi tambahan.

cara mengedit file PDF

Cara Edit File PDF Dengan Word

Program Microsoft Office Word merupakan salah satu aplikasi yang saya gunakan. Untuk cara edit tulisan di PDF tergolong cukup mudah dan kamu juga dapat konvert format PDF menjadi Word atau sebaliknya. Kenapa memakai program ini padahal juga berbayar? Memang benar bahwa software ini tidak gratis, tetapi kebanyakan komputer atau laptop sudah tertanam Microsoft Office sehingga sudah pasti akan terdapat aplikasi Word.

  1. Pertama siapkan terlebih dahulu file yang akan diedit. Jika belum memiliki, dapat mencarinya di internet untuk percobaan.
  2. Buka file yang sudah dimiliki tersebut dengan cara klik open pada menu sebelah kiri atas Microsoft Word dan kemudian cari file di folder tempat kamu menyimpan.
  3. Selain cara tersebut ada cara lain juga. Cari file PDF milikmu > klik kanan > open with > pilih Word maka akan otomatis terbuka dalam format word. 
  4. Setelah itu kamu dapat melakukan pengeditan PDF seperti biasa dan bila telah selesai dapat menyimpan dengan format yang diinginkan.

Jika diinginkan kita dapat mengatur MS Word sebagai program default untuk mengakses setiap dokumen dengan format PDF caranya dengan klik kanan pada file PDF lalu pilih menu choose default program. Dengan begitu bila mau membuka atau melakukan perubahan tinggal menekan klik sebanyak dua kali maka akan otomatis terbuka di Microsoft Word.

Cara Mengedit PDF Secara Online

Cara kedua ini tidak kalah mudah dengan pertama tadi dan tentunya tidak memerlukan aplikasi khusus karena cukup memakai browser yang ada pada laptop atau PC. Saya tidak akan menjabarkan secara detail karena banyaknya layanan edit PDF Online. Tetapi, pada umumnya kita harus upload dokumen PDF terlebih dahulu sebelum melakukan pengeditan dan jika sudah selesai tinggal di-download saja. Adapun beberapa situs penyedia layanan pengeditan pada jenis file dengan format PDF ialah:

  1. Smallpdf
  2. Hipdf
  3. Cutepdf Editor
  4. PDF Candy
  5. Sodapdf
  6. Pdf2doc
  7. dan masih banyak lagi

Kamu cukup mencarinya dan membukanya lalu dapat langsung memulai pengeditan. Nah, itu tadi beberapa cara mengedit PDF yang sering saya lakukan. Saya harap dapat memberikan kemudahan bagi pembaca setia blog ini. Terima kasih telah berkunjung di ifabrix.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel