Cara Edit PDF Paling Lengkap Dan Mudah

Cara Edit PDF - Format PDF saat ini banyak sekali digunakan sebagai standar file untuk berbagai dokumen penting karena akan lebih ter-proteksi. Kenapa bisa begitu? Dengan melakukan konversi ke file PDF dapat menambah keamanan dari perubahan ketika dikirim memakai share cloud maupun email. Terlebih lagi, PDF mempunyai proteksi berlapis supaya orang lain tidak dapat membukanya, yaitu sandi file sampai tiga lapis.

Kebebasan lisensi terhadap pengguna atau pengembang aplikasi untuk membaca, membuat, dan melakukan edit PDF file membuat format ini semakin banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Dan selama ini belum kami temukan exstensi file yang mampu menandingi.

Walau diberikan lisensi PDF gratis, namun saat ini tidak semua program yang tersedia bisa dipakai edit file PDF secara mudah dan tidak berbayar. Dari sebagian besar program yang pernah admin iFabrix.com gunakan rata-rata hanya memberikan fungsi dasar untuk menambahkan comment di mana sebetulnya tidak akan merubah file aslinya walau comment itu tetap ikut tersimpan.

Setidaknya saat ini ada beberapa cara mudah edit dokumen PDF yang dapat Anda ikuti. Dan salah satu dari cara tersebut menurut kami sangat gampang dan simpel bahkan dapat dilakukan tanpa memakai program tambahan.

Cara Edit PDF

Cara Edit PDF di Word

Yang pertama kita dapat memakai Microsoft Word untuk mengedit serta merubah Pdf ke Word offline dengan sekali klik. Ikuti langkah berikut ini.

  1. Simpan terlebih dahulu dokumen PDF yang akan diedit dalam folder. Kamu bisa mendapatkan file di internet atau dokumen kantor untuk belajar.
  2. Klik kanan pada file tersebut > Open With > Word. Atau bila sudah berada dalam halaman utama MS Word bisa membukanya dengan klik File > Open yang berada pada kiri atas layar. 
  3. Cari file yang akan dilakukan pengeditan.
  4. Maka file tersebut akan otomatis terbuka dengan format seperti file Word pada umumnya. Apabila muncul kotak dialog tekan OK.
  5. Sekarang kamu sudah bisa mengedit file PDF sesuai kebutuhan.
  6. Apabila sudah selesai kamu dapat menyimpan dengan berbagai format file. Misalkan ingin menyimpan dengan dokumen Word maka pilihlah tipe Word Dokumen sedangkan jika ingin menyimpan PDF maka tinggal pilih PDF File.

Apabila Anda sering melakukan pengeditan PDF, saya sangat merekomendasikan Microsoft Word sebagai program yang dapat dipakai setiap saat tanpa harus membeli lisensi program lain. Jadi, tidak perlu merogoh kocek dua kali.


Cara Merubah PDF ke Word Menggunakan Microsoft Office

Langkah ini bisa dilakukan dengan syarat mempunyai program Office versi 2013 ke atas karena di bawah versi itu Microsoft belum menyematkan kemampuan pada produk Office untuk edit PDF secara langsung.

  1. Buka Word dengan kriteria seperti telah disebutkan tadi.
  2. Klik File, lalu Open, dan cari dokumen PDF yang ingin diedit.
  3. Jika muncul peringatan tekan saja OK maka akan melakukan convert sebentar.
  4. Langkah terakhir, lakukan penyimpanan seperti biasa. Jangan lupa untuk memilih format docx.

Kelebihan memakai Ms Word dibandingkan program lain adalah setelah selesai convert akan langsung bisa melakukan penyuntingan secara langsung. Tetapi, kelemahan menggunakan cara tersebut adalah ketika melakukan perubahan file berukuran besar (contohnya 100 MB ke atas) akan memakan waktu cukup lama.

Rekomendasi Layanan Edit PDF Online 

Apabila tadi kita memakai software yang bisa bekerja tanpa koneksi internet selanjutnya akan saya rekomendasikan web untuk mengedit dokumen PDF secara online. Berikut ini daftarnya.

1. Microsoft Office Online
Ini adalah salah satu layanan gratis yang dipersembahkan oleh raksasa komputer yaitu Microsoft Office Online. Fitur yang ditawarkan tidak kalah lengkap dengan versi offline di mana pengguna dapat melakukan membuka, menyimpan, dan mengedit dokumen.

2. Smallpdf
Tidak kalah dengan office online, Smallpdf juga kaya akan fitur-fitur menarik seperti kompres, konversi ke berbagai format dokumen, edit, menggabungkan, memisah, putar, tanda tangan, bahkan memberikan kunci pada file.

Sebelum dapat menggunakannya haruslah mendaftar aku terlebih dahulu bila ingin memakainya tanpa batasan. Tetapi jika ingin menggunakan hanya sekedarnya saja tidak perlu melakukan pendaftaran akun dan membayar.

Baca juga: Cara Membuat Mail Merge

Itu tadi beberapa cara edit PDF paling mudah yang bisa Anda coba satu persatu. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat membantu banyak orang. Punya saran lain? Coba kasih tahu kami di komentar. Terima kasih sudah berkunjung di www.ifabrix.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel