Unsur-Unsur Organisasi Lengkap Dengan Penjelasan
Unsur-Unsur Organisasi Lengkap Dengan Penjelasan

Unsur-Unsur Organisasi Lengkap Dengan Penjelasan

Organisasi adalah sebuah kesatuan di mana terdiri atas bagian-bagian berupa orang dalam perkumpulan untuk tujuan tertentu. Beberapa contoh organisasi yang dapat kita temui seperti Sentral Organisasi Buruh Seluruh Indonesia, partai politik, dan lembaga swadaya masyarakat (LSM). Di dalam perkumpulan itu terdapat berbagai unsur pendukung guna mendukung kegiatan yang dilakukan. Adapun unsur-unsur organisasi seperti di bawah ini.
Unsur-Unsur Organisasi Lengkap Dengan Penjelasan

Sebagai Tempat Untuk Melakukan Kerja Sama

Organisasi merupakan tempat yang mana dipergunakan oleh orang-orang yang tergabung sebagai anggota untuk mencapai tujuan bersama. Tanpa adanya organisasi tidak akan terjadi kerja sama walaupun individu tersebut memiliki keinginan sama. Maksud dari tempat tersebut ialah dalam arti abstrak sehingga lebih dikedepankan fungsinya sebagai wadah untuk menampung keinginan beberapa orang supaya keinginan tersebut dapat dicapai secara bersama.

Proses Kerja Sama Sedikitnya Dilakukan Oleh 2 Orang

Selain sebagai tempat kerja sama yang melibatkan banyak orang setidaknya proses kerja sama harus dilakukan oleh 2 orang.  Dalam praktek nyatanya bila kegiatan kerja sama dilakukan oleh banyak orang atau anggota maka penyusunan strukturnya harus lebih baik.

Kedudukan dan Tugas Masing-Masing Jelas

Di suatu organisasi kedudukan serta tugas tiap anggota terbagi dengan jelas. Hal ini dimaksudkan supaya dalam proses pencapaian suatu hal dapat berjalan lebih efisien dan terstruktur. Jadi, dapat disimpulkan bahwa tanggung jawab dobel pada seseorang atau hal lainnya dapat dihindari. Nah, oleh karena itulah organisasi yang baik harus memiliki unsur ini demi menghindari kebingungan serta perebutan tugas maupun kedudukan antaranggota.

Ada Tujuan Tertentu

Terciptanya sebuah organisasi pastinya memiliki sebuah tujuan jelas. Tanpa adanya tujuan tertentu maka tidak akan terbentuk. Tujuan tersebut dirancang dan dalam pelaksanaannya dipecah menjadi beberapa tugas untuk diberikan lalu dilaksanakan oleh tiap-tiap anggotanya yang merasa memiliki keinginan sama.

Baca Juga: Pengertian, Jenis, Sifat, dan Contoh Organisasi

Unsur-Unsur Pendukung Organisasi


Tercapainya suatu hal dalam organisasi tak lepas dari dukungan. Unsur-unsur tersebut adalah seperti di bawah ini.

Man (Orang)

Man atau orang juga disebut sebagai pegawai maupun personnel dalam organisasi atau tata lembaga merupakan warga organisasi itu sendiri di mana memiliki beberapa tingkatan dan fungsi seperti

  • Administrator (Pemimpin):  sebagai pimpinan organisasi tertinggi.
  • Manager: pemimpin suatu unit.
  • Pekerja (nonmanagement/workers): pelaksana kegiatan di bawah kendali pimpinan.
Kerja sama

Kerja sama adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama. Dalam organisasi kerja sama diwujudkan dengan semua anggota maupun warga dengan tingkatan tertentu secara bersama-sama melakukan tugasnya dan menjadi kekuatan dari organisasi itu sendiri.

Tujuan Bersama

Tujuan ialah arah yang dimaksud untuk dicapai. Tujuan merupakan titik teratas atau hasil yang diinginkan dari sebuah pekerjaan maupun kegiatan. Dalam proses pencapaian tujuan juga terdapat prosedur, program, dan pola seperti apa yang akan digunakan.

Equipment (Peralatan)

Unsur keempat adalah peralatan. Peralatan bisa berupa semua sarana seperti anggaran dana, barang, dan tempat (berupa gedung, kantor, atau tanah)

Environment (Lingkungan)

Unsur organisasi juga terkait dengan keadaan lingkungannya biak keadaan sosial, budaya, ekonomi, teknologi, kebijakan, dan peraturan-peraturan yang terkait.

Penjelasan Unsur-Unsur Organisasi


Unsur organisasi harus dipahami secara benar guna terciptanya sebuah organisasi yang mendapatkan reaksi positif dari lingkungan sekitar. Selain itu, unsur dalam organisasi juga mendorong kemajuan bagi setiap warga kelompok itu sendiri.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Silakan ajukan pertanyaan kamu...