Resep Bubur Sumsum Serta Cara Cepat Membuatnya

Resep Bubur Sumsum Serta Cara Cepat Membuatnya

Resep bubur sumsum disertai cara mudah membuatnya. Banyak aneka resep masakan yang dapat kita sajikan untuk keseharian keluarga kita. Bubur masih menjadi salah satu kandidat makanan keluarga sampai saat ini, apalagi bagi anda yang memiliki keluarga sedang sakit wajib hukumnya menyajikan sajian ini.

Resep Bubur Sumsum Serta Cara Cepat Membuatnya

Bubur sumsum dengan tekstur lembut serta cita rasa gurih manis sangat bermanfaat mengembalikan kondisi tubuh. Nah, selain itu bubur ini juga cocok kok untuk makanan waktu siang hari.

Tapi, tau nggak sih kalau nama bubur sumsum diambil dari mana? Ya, asalnya jelas dari tampilannya yang menyerupai sumsum tulang sehingga masyarakat menyebutnya sebagai bubur sumsum. Namun, asal mula makanan ini belum pasti dari mana karena seperti diketahui kemunculannya cukup banyak dari berbagai daerah.

Resep Bubur Sumsum


Sumber: -
Asal: Indonesia
Porsi: 2


Waktu persiapan Waktu memasak Total waktu
20 menit 27 menit 47 menit

Bahan

  • 100 gram tepung beras
  • 650 ml santan kental 
  • garam dapur secukupnya
  • 6 lembar daun pandan 
  • 250 gram gula merah
  • 200 ml santan kental

Cara Memasak

  1.  Tuangkan setengah bagian santan ke dalam panci bersamaan 3 lembar daun pandan, rebus mengunakan api kecil sambil di aduk agar tidak pecah.
  2. Campur hingga tidak ada gumpalan sisa santan dengan setengah sdt garam serta tepung beras. 
  3. Masukkan adonan di atas ke dalam rebusan santan, aduk.
  4. Aduk terus secara perlahan hingga masak ditandai keluarnya letupan-letupan kecil atau mengental, angkat.
  5. Masukkan sisa santan kental dalam panci beserta 1 lembar daun pandan dan garam lalu rebus sampai matang.
  6. Untuk membuat saus gula merahnya  anda bisa dengan mencampur gula sudah disisir halus, air, dan daun pandan, aduk sampai larut.
  7. Terakhir, untuk menyajikan cukup masukkan bubur dalam sebuah mangkuk kemudian siram memakai santan tadi dan saus gula merah.

Tips  Resep Cara Memasak


Walau dilihat lumayan mudah tetap ada hal yang perlu di perhatikan dalam cara memasak resep ini. Hal utama perlu diingat saat memasak buburnya kebanyakan tidak mencampur tepung dengan sempurna hal tersebut menyebabkan hasil akhir bubur menggumpal serta tak lembut seperti harapan. Jadi anda perlu memperhatikan poin penting itu. Oh ya, jika malas membuat saus gula merah kamu juga bisa menggantikan dengan sirup.

Mudah dimengerti bukan tutorial membuat Bubur Sumsum ini, makanya terus pantengin blog IFabrix ini dan tunggu update resep terbaru lainnya.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Silakan ajukan pertanyaan kamu...