Gejala Awal Diabetes

Bagaimana kita bisa tahu apakah menderita diabetes? Sebagian besar gejala diabetes berasal dari kadar glukosa yang lebih tinggi dari normal.

Tanda-tanda awal bisa terlihat begitu ringan sehingga tidak diperhatikan, terutama untuk diabetes tipe 2  Biasanya penderita baru mengetahui ketika telah merasakan masalah dari kerusakan jangka panjang yang disebabkan oleh penyakit ini.

Gejala Awal Diabetes

Bila diabetes tipe 1, gejalanya biasa terjadi dengan cepat, dalam hitungan hari, atau beberapa minggu akan terlihat sebab tipe satu lebih parah. Dari kedua jenis diabetes memiliki tanda peringatan umum yang sama seperti.

Gejala Diabetes Secara Umum

1. Lapar dan lelah
Tubuh mengubah makanan yang Anda makan menjadi glukosa untuk digunakan sel-sel sebagai energi. Tetapi, sel membutuhkan insulin untuk membawa glukosa. Jika tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau bila sel menolak insulin yang dibuat tubuh, glukosa tidak dapat digunakan oleh sel dan Anda tidak memiliki energi cukup. Hal tersebut memicu keadaan lapar dan lelah dari biasanya.

2. Kencing lebih sering dan haus
Rata-rata orang harus buang air kecil antara empat dan tujuh kali dalam 24 jam, tetapi orang dengan diabetes lebih banyak.

Mengapa? Biasanya tubuh menyerap glukosa ketika melewati ginjal namun ketika diabetes mendorong gula darah naik, ginjal tidak dapat membawanya kembali. Hal tersebut mendorong tubuh untuk membuat lebih banyak urine. Anda harus sering minum. Anda juga sering buang air kecil. Karena kencing lebih banyak penderita akan merasa lebih haus. 

3. Mulut kering dan kulit gatal
Karena tubuh menggunakan cairan untuk membuat pipis, tubuh mengalami dehidrasi dan mulut maupun kulit terasa kering. Kulit kering bisa menyebabkan gatal.

4. Kabur pada pengelihatan
Akibat kekurangan cairan dapat membuat lensa mata membengkak. Lensa berubah bentuk dan kehilangan kemampuan untuk memfokuskan objek.

Gejala Diabetes Tipe 2

1. Infeksi ragi. Baik pria maupun wanita penderita diabetes bisa mengalami gejala ini. Infeksi biasanya di bagian kulit lembab yang hangat termasuk:
  • Antara jari tangan dan kaki
  • Di bawah payudara
  • Di dalam atau disekitar organ vital

2. Penyembuhan luka lambat. Seiring waktu, gula darah tinggi dapat mempengaruhi aliran darah dan menyebabkan kerusakan saraf yang menyulitkan tubuh untuk menyembuhkan luka.

3. Rasa sakit atau mati rasa di bagian kaki atau tangan. Hal ini disebabkan diri kerusakan pada saraf.

Gejala Diabetes Tipe 1 

1. Penurunan berat badan tanpa sebab. Jika tubuh tidak mendapat energi dari makanan, tubuh akan mulai membakar lemak sebagai penggantinya. Sebagian orang merasa seperti menurunkan berat badan tanpa mengubah pola makan berlebih.

2. Mual dan muntah. Proses pembakaran lemak berlebih dalam tubuh menimbulkan terbentuknya ketones. Ketones dapat mengancam jiwa yang disebut ketoasidosis diabetik. Keton bisa juga membuat merasa mual.

Baca juga: Diabetes Tipe 2: Penyebab, Gejala, Risiko, Diagnosis dan Pencegahan

Jika anda berusia lebih dari 45 tahun atau memiliki risiko terkena diabetes sebaiknya segera melakukan pengujian. Bila Anda merasa terkena gejala diabetes yang sudah disebutkan di atas tadi lebih baik segera mengunjungi dokter guna menghindari kerusakan saraf, gangguan jantung, dan komplikasi lainnya.