Resep Cara Membuat Donat Yang Empuk

Donat adalah makanan yang cara membuatnya melalui proses penggorengan. Bahannya dari adonan, gula, tepung terigu, mentega, dan telur. Bentuk donat yang umum umum dijumpai yaitu berbentuk bulat dengan adanya lubang di bagian tengah serta rasanya manis seperti selai atau krim.

Donat bila dilihat secara sekilas bentuknya menyerupai bagel, namun  sebenarnya berbeda. Perbedaannya terletak dari bahan adonannya, cara membuat, bahkan cara menghidangkannya juga berbeda.

Sejarah Donat

Hingga kini, Donat masih banyak dijadikan bahan perdebatan tentang siapa yang pertama kali membuat kue berbentuk lingkaran ini.   Namun, ada sebuah pernyataan yang di ungkapkan NDAA atau akrab disebut National Dunking Association of Amerika bahwa pembuat kue ini ialah Hanson Crocket Gregory. Di sisi lain, Suku Indian mengklaim bahwa merekalah pembuat atau penemu donat. Kisah terkenal yang banyak dipercaya adalah sejarah Hanson Gregory. Ada 2 versi cerita yang mengisahkan ditemukannya makanan ini

Pertama:

Terciptanya kue donat oleh Hanson Gregory tidaklah disengaja saat ia menusukkan kue ke roda kemudi kapalnya. Perlu diketahui dalam cerita disebutkan Hanson Gregory merupakan seorang pria bekerja sebagai kapten kapal dari Denmark. Seringnya menghadapi badai dalam perjalanannya maka ia mengambil alih kemudi kapalnya lalu kue goreng  yang dipegangnya dan akan dimakannya lantas ditusukkan ke kemudi kapal sehingga menjadikan bagian tengah kuenya berlubang.

Kedua:

Dikisahkan saat masih menginjak usia remaja seorang anak bernama  Hanson Gregory berasal dari Maine , Amerika Serikat. Kebiasaan ibunya membuatkan kue untuknya namun saat ia melihat ada bagian tengah kue yang tidak matang kemudian Hanson membuang bagian tersebut mengunakan pisau sehingga menjadikan berbentuk lingkaran dengan lubang di tengah. Kebiasaannya tersebut berlanjut sampai dia beranjak dewasa dan telah menjadi nahkoda kapal. Kebiasaan anehnya tersebut malah dijadikan trend dan menyebar ke seluruh dunia.
Resep Cara Membuat Donat Yang Empuk

Dengan demikian, 2 cerita itulah yang menjadikan dasar terciptanya donat yang terkenal hingga sekarang.

Cara Membuat Donat


Berikut akan kita bahas resep dan cara membuat donat kentang.

Bahan Donat Kentang



  • Tepung terigu 500 gram
  • Kentang 200 gram, kukus lalu haluskan
  • Mentega 75 gram
  • Ragi instan 11 gram
  • Susu bubuk 50 gram
  • Gula kastor 100 gram
  • Garam 1/4 sdt
  • Kuning telur 4 butir
  • Air dingin 100 ml
  • Toping (bisa memakai mesis atau sesuaikan dengan selera)


Cara Membuat Donat Kentang



  1. Campurkan sampai rata tepung terigu, susu bubuk, ragi dan gula halus.
  2. Tambahkan kentang halusserta kuning telur. 
  3. Tuang sedikit demi sedikit air dingin sambil aduk hingga adon kalis.
  4. Beri tambahan garam dan mentega lalu campur kembalisampai kalis. Diamkan 20-30 menit sambil tutup mengunakan kain lembab. 
  5. Jika sudah mengembang, bentuk semua adonan menjadi donat, agar lebih mudah gunakanlah cetakan. Diamkan adonan yang sudah dibentuk kurang lebih selama 30 menit.
  6. Goreng donat kentang sampai berwana kecoklatan mengunakan api kecil. Angkat dan tiriskan jika telah matang.
  7. Ulangi langkah di atas sampai selesai.
  8. Beri toping sesuai selera.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Resep Cara Membuat Donat Yang Empuk"

Posting Komentar

Silakan ajukan pertanyaan kamu...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel