8 Makanan Terbaik Untuk Dimakan Saat Mual

Mual adalah sensasi yang tidak menyenangkan dan kadang-kadang sampai menyebabkan muntah.
Ini mengejutkan, umumnya 50% orang dewasa mengalaminya di beberapa hari setiap tahun.
Mual pertama kali dikenal berkaitannya dengan mabuk laut, istilah ini berasal dari kata Yunani "naus," yang berarti kapal.

Mual bermula di otak yang disebabkan emosi, kognitif, atau bahan kimiawi yang dapat menstimulasi sistem saraf Anda menyebabkan otot perut menjadi tidak berfungsi dan membuat Anda merasa mual.
Banyak hal yang dapat memicu proses ini, seperti infeksi, operasi, penyakit usus, obat-obatan, pengobatan kanker, gangguan hormon, kehamilan atau alergi makanan serta lainnya.

8 Manan Terbaik Untuk Dimakan Saat Mual

Meskipun makan bisa menjadi sumber ketika Anda merasa sakit, makanan serta minuman tetap penting untuk hidrasi, mengganti elektrolit yang hilang dan membantu perut tidak merasa lapar.

Berikut adalah 8 makanan dan minuman terbaik saat Anda merasa mual.

1. Jahe

8 Manan Terbaik Untuk Dimakan Saat Mual


Jahe berasal dari Asia Tenggara dan memiliki sejarah panjang penggunaan sebagai obat untuk masalah perut dalam pengobatan tradisional dan modern.

Jahe mengandung senyawa bioaktif, seperti gingerol, paradol dan shogaol, yang dianggap berinteraksi dengan sistem saraf pusat serta perut untuk menyembuhkan gejala mual.

Beberapa penelitian kecil telah menunjukkan bahwa makan jahe dapat mengurangi mual yang disebabkan oleh penyakit, operasi, dan kemoterapi. Selain itu, jahe merupakan pengobatan yang aman dan efektif untuk morning sickness selama kehamilan.

Meskipun tidak ada konsensus mengenai jumlah jahe yang diperlukan untuk mencapai efek terapeutik, sebagian besar penelitian menggunakan setara 0,5–1,5 gram akar jahe kering per hari.
Jahe umumnya dikonsumsi sebagai minuman, dijadikan biskuit, serta dalam bentuk kapsul.
Namun, ingatlah bahwa beberapa produk mungkin tidak mengandung jumlah jahe yang mencukupi untuk meminimalkan efek pada mual.

Mengkonsumsi 0,5–1,5 gram jahe per hari telah terbukti efektif untuk mengobati mual akibat mabuk perjalanan, pembedahan, kemoterapi dan kehamilan.

2. Minuman dan Air Putih

8 Makanan Terbaik Untuk Dimakan Saat Mual


Saat Anda mual, Anda mungkin tidak ingin makan sama sekali. Namun, minum air dan tetap terhidrasi sangat penting, terutama jika Anda telah muntah atau demam.

Air selalu menjadi sumber hidrasi yang baik , tetapi jika Anda muntah atau mengalami diare, Anda mungkin juga perlu mengganti elektrolit yang hilang.

Beberapa minuman terbaik untuk melawan dehidrasi maupun mual termasuk:


  • Air putih
  • Larutan rehidrasi oral
  • Sports drinks
  • Jus yang bening
  • Air kelapa


Minuman yang sangat manis, berkafein, atau berbahan dasar susu dapat memperparah rasa mual Anda. Jadi, mungkin yang terbaik adalah menghindarinya. Anda dapat meminimalkan meminum minuman dingin sepanjang hari terutama jika Anda muntah-muntah.

Sangat penting untuk tetap terhidrasi, terutama ketika Anda sakit. Minuman dingin yang bening seperti air, larutan rehidrasi oral, dan air kelapa dapat diseduh sepanjang hari ketika Anda merasa mual.

3–5. Keripik, Pretzel, dan Roti Bakar

8 Makanan Terbaik Untuk Dimakan Saat Mual


Makanan kering seperti pretzel, roti panggang, dan sereal sering direkomendasikan untuk orang yang mengalami mual. Bahkan, satu studi menemukan bahwa hampir 90% dari ginekolog merekomendasikan keripik soda untuk wanita dengan morning sickness.

Tidak jelas mengapa orang merekomendasikan makanan kering ketika mereka sedang mual dan tidak ada penelitian ilmiah tentang hal itu. Namun, diketahui bahwa orang merasa lebih mual saat perut kosong dan bereaksi buruk terhadap makanan berbau kuat. Itulah mengapa sebaiknya hindari menyiapkan maupun memasak makanan ketika Anda sakit, karena penglihatan dan bau makanan bisa memicu rasa mual.

Pretzel, roti panggang, sereal adalah makanan cepat saji yang memerlukan sedikit atau tidak ada persiapan, tidak memiliki bau yang kuat, dan dapat membantu menghilangkan rasa perut kosong Anda.

Perut yang kosong juga makanan berbau kuat dapat memicu atau memperburuk mual. Biskuit dan akanan kering lainnya dapat membantu mengurangi rasa lapar.

6. Makanan Dingin

8 Makanan Terbaik Untuk Dimakan Saat Mual


Ketika sakit, Anda lebih baik mengkonsumsi makanan yang sudah dingin daripada makanan hangat. Hal itu karena umumnya tidak memiliki bau yang kuat yang dapat memicu mual.

Kebencian terhadap bau sangat umum terjadi selama kehamilan. Satu studi menemukan bahwa 41% wanita hamil mengalami gangguan terhadap bau makanan dan lebih mungkin terkena mual.
Beberapa pilihan makanan dingin yang baik termasuk buah-buahan dingin, yogurt , puding dan es teh. Pastikan bila tidak terlalu manis.

Jika rasa mual Anda membuat sulit untuk menelan makanan, cobalah untuk  mengisap es batu yang dapat membantu menurunkan rasa mual tersebut. Ini juga merupakan cara yang baik untuk perlahan-lahan mengisi kembali cairan tubuh.

Bau makanan dapat memicu rasa mual. Oleh karena itu, makanan dingin yang menghasilkan lebih sedikit bau dapat membantu mengisi perut Anda.

7. Kaldu

8 Makanan Terbaik Untuk Dimakan Saat Mual


Kaldu ayam dan sup ayam adalah solusi di rumah secara umum untuk segala gangguan mulai dari sakit kepala hingga pilek sampai demam. Cairan sering lebih mudah dikonsumsi ketika mual. Itu sebabnya kaldu dengan sup bisa menjadi langkah awal yang baik untuk makan lagi. Selain itu juga menyediakan hidrasi serta elektrolit yang sangat penting jika Anda telah muntah atau demam.

Satu cangkir (240 ml) kaldu ayam mengandung 16% dari asupan harian yang direkomendasikan (DV) untuk garam, 8% dari DV untuk kalium, dan 8% dari DV untuk niacin.

Jika merasa tidak ada masalah dalam hal konsumsi tambahkan termasuk ayam atau sayuran dalam kaldu, berikan tambahan kalori, protein, vitamin, serta mineral untuk mengembalikan energi tubuh.

Kaldu dan sup dapat membantu kurangnya hidrasi dan elektrolit.

8. Pisang

8 Makanan Terbaik Untuk Dimakan Saat Mual


Ketika Anda sakit dan mual, akan sulit untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak.
Oleh karena itu, penting bahwa makanan yang Anda makan dapat bergizi dan memberikan energi untuk membantu tubuh supaya tetap kuat dan pulih.

Pisang adalah makanan ringan bernutrisi serta bergizi yang mudah untuk dimakan bahkan ketika Anda sedang sakit. Terlebih lagi, pisang membantu menggantikan kalium yang mungkin hilang jika telah muntah atau mengalami diare.

Hanya satu nuah pisang berukuran sedang mengandung 105 kalori, 27 gram karbohidrat, 12% dari kebutuhan potassium harian, dan 22% dari DV untuk vitamin B6.
Makanan lunak padat energi lainnya termasuk alpukat, bubur, buah rebus, kentang tumbuk, dan selai kacang.

Pisang adalah sumber energi serta vitamin yang baik ketika Anda sedang mual dan dapat membantu menggantikan kalium yang hilang karena muntah atau diare.

Belum ada Komentar untuk "8 Makanan Terbaik Untuk Dimakan Saat Mual"

Posting Komentar

Silakan ajukan pertanyaan kamu...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel