Pengertian, Fungsi, dan Tujuan Negara

Pengertian negara adalah sebuah organisasi ataupun lembaga paling tinggi dari berbagai kelompok masyarakat yang menghuni suatu wilayah tertentu di mana memiliki cita-cita dan sistem pemerintahan yang berdaulat.

terdapat pendapat lain yang menyebutkan bahwa definisi negara adalah kelompok sosial tertinggi yang berada di wilayah tertentu, memiliki aturan dan sistem yang diberlakukan bagi semua penduduknya, mempunyai pemerintahan berdaulat dan sah secara hukum, dan berdiri dengan independen.

Pengertian Negara, Fungsi, dan Tujuan

Bila merujuk pada bahasa Inggris, "negara" berarti "state" di mana memiliki arti sebuah keadaan yang bersifat tetap dan tegak. Sedangkan menurut bahas Indonesia, "negara" merupakan kata yang diambil dari bahasa Sansekerta, yakni "nagara" atau "nagari" yang artinya penguasa ataupun wilayah.

Dalam menjalankan pemerintahan negara terkandung tiga sifat, yakni:

  • Bersifat Memaksa: memberikan paksaan kepada seluruh masyarakat untuk menjalankan aturan yang sudah ditetapkan.
  • Bersifat monopoli: mengambil kekuasaan pada sumber daya yang dianggap penting pada wilayah yang masih dalam kekuasaan negara tersebut.
  • Bersifat totalitas: mempunyai kewenangan atas segala hal tanpa pengecualian.

Pengertian Negara

Untuk mempelajari pengertian negara agar lebih mudah, mari kita bagi terlebih dahulu berdasarkan 4 sudut pandang berikut.

1. Negara Sebagai Organisasi Kekuasaan

Negara adalah suatu alat yang mempunyai wewenang guna mengatur korelasi antar manusia dalam kehidupan masyarakat tersebut. Pengertian ini merupakan kesimpulan yang dikemukakan oleh Logemann serta Harold J. Laski.

Pendapat Logemann, yakni negara ialah organisasi kekuasaan yang mempunyai tujuan untuk mengatur masyarakatnya dengan kekuasaan itu sendiri. Pada hakekatnya sebagai organisasi kekuasaan, negara merupakan suatu tatanan untuk mengatur sekelompok manusia supaya mau bersikap dan berbuat seperti yang dikehendaki oleh negara itu.

2. Negara Sebagai Organisasi Politik

Negara ialah asosiasi dengan fungsi menjaga ketertiban dalam kelompok masyarakat yang didasarkan kepada hukum dan dilaksanakan oleh pemerintahan dengan kewenangan memaksa. Bila kita lihat dari pandangan organisasi politik, negara diketahui sebagai integrasi yang berasal dari kekuasaan politik atau merupakan bagian dari kekuasaan politik maupun organisasi pokok.

3. Negara Sebagai Organisasi Kesusilaan

Negara merupakan perwujudan dari semua individu. Berdasarkan rujukan dari pendapat Friedrich Hegel, negara ialah sebuah organisasi kesusilaan yang muncul sebagai integrasi antara kemerdekaan individual dengan kemerdekaan universal. Negara diketahui sebagai penjelmaan dari semua individu sehingga mempunyai kekuasaan paling tinggi.

4. Negara Sebagai Integrasi Antara Pemerintah Dengan Rakyat 

Negara dianggap sebagai sebuah persatuan bangsa di mana posisi setiap individu sebagai bagian penting dari negara yang mempunyai fungsi serta kedudukan untuk ikut serta menjalankan negara tersebut.

Baca juga: Bentuk Negara di Dunia dan Contohnya

Fungsi Negara

Negara memiliki beberapa fungsi penting yang telah dirumuskan guna terlaksananya pemerintahan yang berdaulat. Adapun fungsi tersebut meliputi:

1. Fungsi Keamanan dan Ketertiban

Negara mengatur ketertiban masyarakat supaya tercipta kondisi yang stabil dan juga mencegah bentrokan-bentrokan yang terjadi dalam lingkungan masyarakat. Dengan terciptanya ketertiban, warga dapat melakukan segala aktivitas dengan teratur, aman, dan nyaman.

2. Fungsi Kemakmuran dan Kesejahteraan

Pemerintah negara harus bertanggung jawab untuk memberikan kesejahteraan dan kemakmuran kepada rakyatnya, terutama dibidang ekonomi dan sosial.

3. Fungsi Pertahanan

Negara berfungsi mempertahankan serta menjamin kelangsungan hidup bangsanya dari setiap ancaman dan gangguan yang timbul dari dalam maupun datang dari luar. Ancaman dan gangguan itu mungkin berupa serangan (Pencaplokan) dari luar negeri maupun golongan-golongan dari dalam negeri yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

4. Fungsi Menegakkan Keadilan

Maknanya, negara berfungsi menegakkan keadilan bagi seluruh warganya meliputi semua aspek kehidupan seperti idiologi, politik, ekonomi, sosial adat-istiadat, dan HAM. Usaha yang dilakukan antara lain menegakkan hukum melalui badan-badan peradilan negara.

Negara diketahui sebagai tempat yang menaungi semua kegiatan masyarakat serta pemerintahan, termasuk di dalamnya mengenai pengaturan kegiatan pembangunan, ekonomi, transportasi, perdagangan, politik, serta lain sebagainya.

Suatu tempat atau wilayah dapat disebut sebagai sebuah negara jika telah memenuhi 3 unsur utama, yaitu apabila mempunyai wilayah, rakyat, dan pemerintahan. Sama dengan hal pemerintahan, negara juga mempunyai kewajiban dan wewenang yang harus dilaksanakan sebagai mana mestinya.

Salah satu wewenang negara adalah mengatur semua wilayah yang masih dalam kekuasaannya beserta dengan masyarakat yang tinggal di dalam wilayah tersebut. Namun terlepas dari hal tersebut, negara juga memenuhi kewajibannya untuk melindungi, menjaga, dan memberikan kesejahteraan kepada penduduk negaranya 

Tujuan Negara 

Terbentuknya sebuah negara pasti didasari oleh tujuan-tujuan tertentu yang ingin diwujudkan. Berdasarkan pendapat Miriam Budiharjo, tujuan sebuah negara didirikan adalah untuk menciptakan kebahagiaan, kedamaian, dan kesejahteraan bagi semua rakyatnya.

Tujuan Negara Indonesia sendiri telah diuraikan pada Pembukaan UUD 1945 di alinea keempat. Berikut ini beberapa tujuan yang ingin dicapai Indonesia berdasarkan acuan dari UUD '45 tersebut.

  1.  Memberi perlindungan pada seluruh bangsa Indonesia.
  2.  Memajukan masyarakat umum dalam bidang kesejahteraan.
  3.  Mencerdaskan bangsa.
  4. Ikut serta dalam pelaksanaan ketertiban dunia. 


Itulah pembahasan singkat mengenai pengertian negara, fungsi, dan tujuannya. Semoga dengan adanya artikel dari iFabrix ini dapat memberikan wawasan baru untukmu.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Fungsi, dan Tujuan Negara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel