Cara Okulasi Durian Dengan Mudah

Durian merupakan salah satu buah dengan peminat yang sangat tinggi. Cita rasanya yang lezat membuat begitu banyak peminat, walau secara tampilan durian memiliki banyak duri-duri tajam. Pada umumnya durian memiliki ukuran kisaran 25 cm. Sedang untuk warnanya memiliki berbagai macam, mulai dari kuning, hijau dan coklat. Namun selain hal di atas tahukah kamu bagai mana teknik budidaya durian? Salah satu teknik penanaman durian yang terkenal adalah okulasi.
cara okulasi durian dengan mudah

Teknik okulasi bisa juga disebut dengan menempel (Oculatie). Banyaknya kelebihan yang di dapat dengan sistem ini membuatnya digunakan oleh kebanyakan petani durian. Untuk kelebihan utamanya adalah dapat menghasilkan kualitas buah yang lebih baik dari induknya.

Tahapan Dalam Proses Okulasi

Sebelum mulai mencoba melakukan okulasi pada durian kamu alangkah baiknya memahami tahapan-tahapannya terlebih dahulu.

Mempersiapkan Batang Bagian Bawah

Ketika melakukan proses okulasi sebaiknya memakai batang bawah yang mudah di kupas bagian kulitnya. Buat irisan dengan bentuk sesuai  teknik yang anda pakai. Salah satu contoh bentuk irisan yang umum dipakai ialah berbentuk huruf  T, dengan ukuran 20 cm di atas tanah. 

Mengambil Mata Tunas

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan mata tunas yang diambil dari ranting pilihan. Hal yang perlu diketahui ialah jangan memakai ranting sudah menguning serta mengalami mutasi. Hindari pengambilan mata tunas ketika siang hari, sebab kurang begitu baik saat proses okulasi.

Setelah mengetahui hal dasar tersebut selanjutnya lakukan pengambilan mata tunas dengan syarat berbentuk segi empat atau berbentuk bulat dengan kriteria panjang 1,5 cm horizontal. Lalu hubungkan kedua ujung irisan sehingga membentuk segi empat.

Penyisipan Mata Tunas Durian

Ketika melakukan penyisipan sebaiknya dilakukan secara hati-hati karena akan merusak bahan apabila dilakukan secara sembarangan. Penyisipan juga salah satu syarat keberhasilan dalam teknik okulasi. Secara sederhana tahap ini dapat dilakukan dengan cara menyisipkan mata tunas pada batang pohon yang dipilih.

Pengikatan Batang

Alat pengikat yang digunakan dapat memakai berbagai bahan semisal rafiah atau pita plastik polivinill klorida dengan ukuran 20 x 1,5 cm dan tebal 1 mm. Lalu. ikat dengan cara di tempel dari bawah ke atas.

Membuka Sayatan Batang Durian

Bila sudah berumur 2 minggu semenjak diikat, kini saatnya kamu melihat apakah okulasi berhasil dengan membuka ikatannya. Bila warna mata tempelan berwarna hijau kemerahan maupun hitam bisa dikatakan gagal, sedang bila berhasil biasanya berwarna hijau muda serta melekat pada pohon.

Pemotongan Batang Pokok
                                     
Ini merupakan proses terakhir dalam okulasi, lakukan dengan cara berikut:

  • Potong batang pokok sekitar 1 cm di atas mata yang di tempel dengan bentuk miring
  • Potong dengan kedalaman setengah dari batang pokok, baru batang pokok direbahkan.                  

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Okulasi Durian Dengan Mudah"

Posting Komentar

Silakan ajukan pertanyaan kamu...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel