--> Skip to main content

3 Makna Persatuan Dan Kesatuan

makna persatuan dan kesatuan

Makna Persatuan Dan Kesatuan  - Indonesia merupakan negara yang tersusun dari berbagai macam corak, budaya, suku, agama, dan ras di dalamnya. Oleh sebab itu di negara kita ini masyarakatnya disebut dengan multikultural, yaitu latar belakang kebudayaan yang banyak ragam. Dari banyaknya perbedaan tersebut melahirkan dua sisi negatif dan positif.

Sisi negatifnya adalah mudahnya terpecah belah akibat perbedaan itu sendiri. Ya, lihat saja belakangan ini marak isu-isu sara yang muncul terutama di media sosial. Hal itu dipicu karena perbedaan pandangan akan suatu hal contohnya saja agama.

Sisi positifnya adalah Indonesia menjadi negara yang kuat dan kaya akan budaya apabila sisi negatif di atas dapat diminimalisir. Untuk itu rakyat Indonesia wajib menanamkan jiwa persatuan dan kesatuan dalam dirinya. Lalu apa itu persatuan dan kesatuan bagi rakyat Indonesia?

Arti Persatuan dan Kesatuan Indonesia

  • Kata persatuan berasal dari kata satu yang artinya tunggal atau utuh dan tidak dapat dipisah-pisah maupun terpecah. Jadi, persatuan dapat diartikan sebagai bersatunya macam-macam corak perbedaan sehingga menjadi serasi dan utuh.
  • Sedangkan Kesatuan adalah berkumpulnya suatu kelompok yang merasakan suatu kesamaan baik dalam bentuk tujuan atau yang lainnya.

Di Indonesia sendiri, pembelajaran mengenai persatuan dan kesatuan sudah diterapkan sejak anak-anak menginjak sekolah menengah pertama. Bukan tanpa sebab diajarkan begitu saja, namun hal tersebut bertujuan membangun generasi muda yang memiliki rasa kebinekaan yang tinggi. Selain mengetahui artinya, juga wajib mempelajari apa itu maknanya. 

Makna Persatuan dan Kesatuan Indonesia

Ada 3 makna pokok yang terdapat dalam persatuan dan kesatuan sebagai berikut.
  1.  Menjalin kebersamaan serta saling melengkapi antara pihak satu dengan yang lainnya.
  2.  Menjalin rasa terhadap kemanusiaan serta sikap toleransi dalam hidup berdampingan.
  3.  Menjalin rasa kekeluargaan, persahabatan, dan kepedulian untuk tolong menolong juga sikap nasionalisme.


Contoh Sikap Persatuan dan Kesatuan di Lingkungan

Lingkungan Keluarga
  1.  Saling menyayangi antar anggota keluarga.
  2.  Menghormati kedudukan tiap anggota keluarga.
  3.  Membantu menyelesaikan pekerjaan rumah.
Lingkungan Sekolah
  1.  Menjalankan serta menaati semua peraturan.
  2.  Tidak pilih-pilih teman.
  3.  Menghormati kedudukan guru sebagai orang tua kedua.
Lingkungan Masyarakat
  1.  Menjaga kerukunan dalam hidup berdampingan.
  2.  Tidak berbuat rasis.
  3.  Menyelesaikan masalah lingkungannya secara bersama-sama.
Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar