Ciri Ciri Mahkluk Hidup dan Penjelasanya

Ciri Ciri Mahkluk Hidup dan Penjelasanya

Ciri Ciri Mahkluk Hidup dan Penjelasanya

Ciri ciri mahkluk hidup merupakan sebuah pembeda dimana antara mahkluk satu dengan lain ataupun dengan benda mati. Dengan mempelajari ciri-ciri yang dimilikinya kita dapat dengan mudah mengenali semua mahkluk hidup di bumi. Adapun ciri-ciri mahkluk hidup ialah bernafas, peka terhadap rangsangan, bergerak, tumbuh, melakukan metabolisme, memerlukan makan, berkembang biak, mengeluarkan zat sisa, adaptasi, regulasi, tumbuh, dan berkembang.


Pengertian Ciri-Ciri Mahkluk Hidup


Respirasi/Bernafas

Bernafas adalah suatu proses keluar masuknya udara, dimana udara yang masuk dari luar berupa oksigen dan udara yang keluar dari dalam paru-paru berupa karbondioksida dan uap air. Oksigen yang di hirup masuk ke dalam tubuh melalui hidung dipakai untuk oksidasi pada zat makanan supaya menghasilkan sumber energi untuk beraktivitas. Mahkluk hidup secara umum memiliki alat pernafasan berbeda satu dengan lainnya. Contohnya manusia memiliki alat pernafasan dengan tumbuhan, manusia mengunakan paru-paru sedangkan tumbuhan memakai lentisel dan stomata. 

Bergerak


Perpindahan posisi sebagian atau seluruh tubuh dikarenkan adanya rangsangan disebut dengan Bergerak. Perpindahan posisi secara sempurna atau seluruh tubuh hanya terjadi pada manusia dan hewan, contohnya seorang anak sedang berlari dan ikan berenang di lautan. Lalu perpindahan posisi sebagian tubuh terjadi pada tumbuhan, sebagai contohnya kamu dapat memperhatikan sebuah tanaman yang bergerak condong menuju datangnya arah sinar matahari.

Peka Terhadap Rangsangan/Iritabilitas


Setiap mahkluk yang hidup mempunyai kepekaan menanggapi rasangan yang datang kepadanya. Bila merujuk ketumbuhan dapat dicontohkan dengan pertumbuhan sebuah tanaman di dalam ruangan pasti akan tumbuh mengarah datangnya cahaya. Dengan memiliki kepekaan terhadap rangsangan maka bisa dinyatakan sebagai mahkluk hidup.


Memerlukan Makanan


Tidak ada mahluk hidup yang bisa bertahan tanpa memerlukan makanan, sebab makanan adalah sumber kehidupan yang mana digunkan sebagai energy untuk melakukan proses hidup sebuah mahkluk. Dalam cara mencari maknananya setiap mahkluk berbeda-beda. Tumbuha dapat membuat makananya sedang manusia mendapatkan dari mahkluk hidup yang lain. Proses makan memakan tersebut dapat kamu pelajari lebih dalam di artikel yang membahas rantai makanan dan jaring-jaring makanan.

Tumbuh dan Berkembang


Coba bandingkan tubuhmu saat ini dengan saat balita, pasti berbeda dari segi ukurannya. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa mahkluk hidup juga mengalami pertumbuhan dan proses pertumbuhan ialah proses pertambahan jumlah serta berat sel mahkluk yang bersifat irreversible dimana tidak dapat kembali ke keadaan awalnya. Efek dari pertumbuhan tersebut adalah pertambahan berat badan serta tinggi badan pada manusia dan hewan, serta panjang dan besarnya batang tumbuhan yang semakin lama semakin besar dan tinggi.

Selain mengalai pertumbuhan mahkluk hidup juga mengalami proses berkembang. Dimana berkembang merupakan suatu proses menuju dewasa dengan tujuan penyempurnaan struktur dan semua fungsi organ yang menyertai pertumbuhan.

Melakukan Metabolisme

Metabolisme adalah reaksi-reaksi kimia yang mana terjadi di dalam tubuh manusia. Reaksi tersebut dapat berupa penguraian maupun penyusunan zat supaya dapat digunakan oleh tubuh. 

Mengeluarkan Zat Sisa


Ketika proses metabolisme berlangsung tidak hanya menghasilkan energy tetapi juga menghasilkan zat yang tidak terpakai disebut denga zat sisa. Sebagai contoh paru-paru membuang karbondioksida dan uap air, kulit mengeluarkan keringat. Apabila zat sisa tidak dikeluarkan akan berbahaya dan dapat menji racun yang akan menganggu kelangsungan proses dalam tubuh.

Berkembang Biak


Proses mempertahankan kelangsungan hidup mahkluk adalah dengan cara berkembang biak. Perkembangbiakan mahkluk hidup dapat dibedakan menjadi dua, yaitu secara kawin/generatif dan tak kawin/ vegetatif.

Adaptasi


Dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidupnya setiap mahkluk melakukan adaptasi, jadi dapat disimpulkan bahwa adaptasi adalah kemampuan mahkluk dalam menyesiakan diri terhadap lingkungan sekitarnya. Dengan beradaptasi maka mahkluk dapat bertahan melangsungkan proses hidupnya lebih lama dan hingga berkembangbiak.


Baca juga di ifabrix: Klasifikasi Mahkluk Hidup

Regulasi


Regulasi merupakan proses dalam pengaturan keserasian tubuh yang di atur atau dikendalikan pleh syaraf dan hormon.

Sekian pembahasan ciri-ciri mahkluk hidup yang Ifabrix berikan.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Silakan ajukan pertanyaan kamu...