6 Rukun Iman Beserta Penjelasanya

6 Rukun Iman Beserta Penjelasanya

6 Rukun Iman Beserta Penjelasanya

Rukun Iman Beserta Penjelasanya - Iman atau bila menurut kamus bahasa berarti kepercayaan, sedang berdasarkan istilah adalah percaya maupun meyakini dengan sepenuh hati dalam bentuk ucapan maupun tindakan, sedang rukun sendiri ialah landasan atau dasar.

Rukun Iman

Dalam isalam, umat muslim mengenal akan adanya 6 landasan atau dasar yang di sebut dengan rukun iman. Landasan tersebut berguna sebagai patokan hidup / tuntunan dalam menjalankan segala sesuatu dalam kehidupan guna mendapatkan kehidupan lebih baik. Tanpa berpegang teguh dengan rukun iman mungkin tindakan umat islam tidak akan teratur. Mari kita simak sedikit cuplikan ayat di surat annisa ayat 59.

Rukun iman ada 6 berikut saya sebutkan beserta penjelasan singkatnya.


Iman Kepada Allah


Mengimani Allah, merupakan hal paling utama yang harus dilakukan setiap umat serta merupakan dasar dalam beragama Islam. Beriman kepada Allah memiliki arti mempercayai bahwa Allah itu ada dan mengimani bahwa Dialah Maha Esa. Sebab, Dialah yang maha kuasa atas segala mahkluk serta alam semesta beserta dengan isinya. Hanya Allah yang memiliki, menghidupkan, serta mematikan mahluknya, yang memberikan air, udara, dan rizqi bagi kita untuk mencukupi segala kebutuhan hidup kita.

Iman Kepada Malaikat


Iman kepada malaikat berarti mempercayai akan adanya malaikat Allah. Malaikat merupakan mahkluk ciptaan Tuhan terbuat dari Nur (cahaya). Malaikat tidaklah sama seperti manusia sehingga tak kasat oleh mata, ia tak berkelamin, tapi malaikat merupakan ciptaan tuhan yang patuh akan perintah Allah. Adapun 10 malaikat wajib diketahui beserta tugas-tugasnya yaitu 
  1. Jibril = menyampaikan wahyu
  2. Mikail = menurunkan hujan
  3. Israfil meniup sangkakala
  4. Izrail = mencabut nyawa
  5. Mungkar = menanyakan mayat dalam kubur
  6. Nangkir = menanyakan mayat dalam kubur
  7. Raqib = mencatat amal baik manusia
  8. Atid = mencatat amal buruk manusia
  9. Malik = menjaga pintu neraka
  10. Ridwan = menjaga pintu surga

Iman Kepada Rasul-Rasul Allah


Berati meyakini danmempercayai bahwa Rasul  merupakan utusan Allah, bertugas menyampaikan wahyu serta membimbing uman manusia menuju pintu kebaikan agar selamat dunia dan akhirat.

Iman Kepada Kitab-Kitab Allah


Beriman lalu meyakini kitab-kita allah yang telah diturunkan melalui malaikat Jibril dan di sampaikan oleh para nabi. Kitab berisi tuntunan kehidupan dan pengetahuan, wajib bagi muslim untuk dipelajari lalu mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun 4 kitab Allah di turunkan melalui nabi adalah Taurat, Zambrud, Injil, Al-Quran. Kitab suci umat Islam ialah Al-Quran di turunkan kepada Nabi Muhammad S.A.W yang merupakan nabi terakhir. Dengan berpegang pada Al-Quran kita tidak akan tersesat dalam jurang keburukan msupun kehancuran, kelak akan membawa kebahagian di akhirat.

Iman Kepada Hari Kiamat


Meyakini akan datangnya hari pembalasan (kiamat) yang mana di hari tersebut manusia akan dikumpulkan di padang Mahsyar untuk di timbang amal perbuatan yang dilaakukan semasa hidupnya. Apa bila melakukan amalan baik maka akan di bawa ke Surga, apabila banyak amalan buruk maka akan di masukkanlah ke Neraka dimana nerakan merupakan tempat terburuk dan tempat berkumpulnya pada iblis. Mari kita jalankan perintahNya dan menjauhi segala laranganNya agar kita dapat terhindar dari siksa Neraka.

Iman Kepada Qada dan Qadar


Qada  berarti ketentuan maupun ketetapan yang diberikan Allah sejak zaman azali atas segala sesuatu berkaitan dengan mahkluknya. Sedangkan Qadar adalah perwujudan atas sesuatu yang sudah di tetapkan oleh-Nya. Jadi, iman kepada Qada dan Qadar memiliki arti meyakini segala ketentuan yang terjadi di dalam kehidupan merupakan sebuah ketetapan Allah semata. Dengan begitu kita wajib mengimani akan adanya takdir yang terjadi baik maupun buruk, karena itu semua adalah kehendak Tuhan dimana akan memberikan pembelajaran bagi kehidupan dan menjadikan hikmah. Sebagai manusia beriman janganlah kita meyakini hal-hal tidak benar sebab semua datangnya hanya dari Sang Pencipta saja. 

Itu tadi pembahasan mengenai Rukun Iman, semoga dengan adanya pembahasan ini dapat bermanfaat bagi banyak orang. Apabila ada salah kata maupun ucapan dan pernyataan saya mohon sekiran saudara mengigatkan dan memberikan tangapan mana sekiranya yang seharusnya saya tulis di sini. terimakasih telah membaca. Ifabrix
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Silakan ajukan pertanyaan kamu...